Kompas.com - 11/03/2016, 18:07 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE

BARCELONA, KOMPAS.com - Selama hampir enam tahun memperkuat Barcelona, Javier Mascherano sama sekali belum mencetak gol. Namun, catatan tersebut tak membuat pemain asal Argentina itu khawatir.

Sejak bergabung dengan Barcelona pada Agustus 2010, atau dalam 268 laga di seluruh kompetisi, Mascherano tak pernah sekalipun menjebol gawang lawan.

Pria 31 tahun itu terakhir kali mencetak gol saat masih berseragam Liverpool pada Maret 2008, tepatnya saat Liverpool meraih kemenangan 2-1 atas Reading di ajang Premier League.

Pada pekan lalu, saat Barcelona menghancurkan Rayo Vallecano 5-1, Mascherano sempat ditawari rekan-rekannya untuk mengeksekusi tendangan penalti agar bisa mencatatkan gol. Akan tetapi, tawaran itu ditolak Mascherano.

Alhasil, sepakan dari titik putih tersebut dieksekusi oleh Luis Suarez, yang ujungnya gagal berbuah gol.

"Kami meminta Mascherano untuk mengambil tendangan penalti, tetapi dia menolaknya. Entah karena tidak percaya diri, atau memang dia enggan melakukannya," kata rekan setim Mascherano, Gerard Pique, melalui media sosial Periscope.

Meskipun belum sama sekali mencetak gol Barcelona, Mascherano tidak merasa khawatir.

Baca Juga:

Bila Gagal Cetak Gol, Sanchez Selalu Sulit Tidur

Kursus di Wales, Henry Raih Lisensi Kepelatihan UEFA A

Mascherano justru senang karena telah melewati rekor mantan bek sayap Barcelona asal Belanda, Michael Reiziger, yang tak pernah mencetak gol dalam 222 laga.

"Saya tak terobsesi untuk hal itu. Sebuah gol tidak akan mengubah hidup saya sama sekali. Lantas, apakah saya akan mengambil penalti? Tentu saja tidak," kata Mascherano kepada TV3, Jumat (11/3/2016).

Sepanjang kariernya di Barcelona, Mascherano memang belum pernah mencetak gol. Namun, hingga saat ini, eks pemain River Plate itu merupakan pemain kunci Barcelona.

QUIQUE GARCIA/AFP Javier Mascherano (kiri) dan Luis Suarez sedang berparade pada 7 Juni 2015 di pusat kota Barcelona, untuk memamerkan tiga gelar yang diraih Barcelona pada musim 2014-2015, yakni trofi La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Hampir enam tahun berseragam Barcelona, Mascherano telah mempersembahkan sejumlah titel bergengsi, di antaranya tiga gelar La Liga, dua gelar Liga Champions, dua Piala Super Eropa, dan dua Piala Dunia Antarklub.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.