Mourinho Bisa Bantu MU Kalahkan Guardiola

Kompas.com - 11/02/2016, 18:43 WIB
Manajer Chelsea, Jose Mourinho. BEN STANSALL/AFPManajer Chelsea, Jose Mourinho.
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Mantan striker FC Porto, Benni McCarthy (38), menilai Jose Mourinho menjadi orang yang tepat untuk menangani Manchester United. Menurutnya, Mourinho bisa membantu Setan Merah bersaing dengan rival sekotar mereka, Manchester City, yang mulai musim depan ditangani Pep Guardiola.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi bahwa Mourinho akan menjadi suksesor Louis van Gaal pada musim panas nanti. Tetapi dari rumor yang sedang santer beredar, pria asal Portugal itu sudah sepakat menjadi manajer di Old Trafford untuk tiga musim.

McCarthy, yang pernah menjadi anak buah Mourinho saat melatih Porto, merasa yakin Manchester United sudah membuat keputusan yang tepat jika menunjuk mantan manajer Chelsea itu sebagai pengganti Van Gaal. Alasannya, Mourinho merupakan satu dari hanya sedikit pelatih yang bisa mengalahkan taktik Guardiola.

"Mourinho adalah salah satu orang yang tahu bagaimana mengalahkan taktik Guardiola. Ketika di Real Madrid, dia mengalahkan Guardiola beberapa kali. Di Inter Milan, dia juga sukses melawannya," ujar McCarthy.

BBC SPORT Statistik Jose Mourinho dan Pep Guardiola.

"Saat ini, saya tidak bisa melihat orang lain yang bisa mengalahkan Pep dan taktiknya di Manchester City. Tetapi Mourinho di United, dia memiliki sumber daya dalam diri para pemain dan dukungan dana untuk mengalahkan Guardiola."

Memang, Mourinho sudah kerab bertemu dengan Guardiola karena dua orang ini pernah sama-sama menjadi pelatih di Spanyol, ketika Mourinho menangani Real Madrid pada 2010-2013 dan Guardiola pelatih Barcelona pada 2008-2012. Berdasarkan statistik yang dirilis BBC, Guardiola masih unggul atas Mourinho karena dari 11 pertemuan, pelatih Bayern Muenchen ini menang 8-3.

Namun peruntungan Mourinho pada musim ini tak terlalu bagus. Dalam kesempatan keduanya sebagai manajer Chelsea setelah 2004-2007, Mourinho dipecat di tengah jalan karena performa tim yang buruk. Pada akhir Desember, Chelsea mendepak Mourinho setelah Si Biru kalah sembilan kali dari 16 pertandingan pertama musim 2015-2016. Kepergian Mourinho hanya tujuh bulan setelah dia mempersembahkan gelar ketiga Premier League bagi Chelsea.

Meskipun Mourinho baru saja mengalami hal buruk, McCarthy merasa yakin mantan bosnya itu kembali menuai kesuksesan. Menurutnya, ke manapun Mourinho pergi, kesuksesan selalu menyertainya, termasuk ke Manchester United.

"Manchester United memiliki banyak pemain muda yang ingin meraih banyak hal dan terkenal. Dia akan datang dan menjadi orang yang tepat untuk pekerjaan ini," ujar McCarthy soal kemampuan Mourinho mengatur pemain.

"Jika para pemain memberikan 100 persen dan memperlihatkan kemauan untuk sukses, dia pasti bisa mendapatkan dukungan dari Manchester United untuk kembali menjadi salah satu kekuatan Eropa, di mana para lawan akan ketakutan."

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber BBC Sport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X