Kompas.com - 24/01/2016, 08:02 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE

ROMA, KOMPAS.com - Luciano Spalletti menginginkan agar AS Roma bisa berganti-ganti formasi. Bukan mustahil, mereka bermain dengan skema tiga pemain belakang saat mengunjungi markas Juventus pada lanjutan Serie A, Minggu (24/1/2016).

Roma sebenarnya lebih akrab dengan formasi empat pemain belakang saat diasuh oleh Rudi Garcia. Ini masih dipertahankan Spalletti saat melakoni debut pada babak pertama partai kontra Hellas Verona, 17 Januari 2016.

Menurut Spalletti, I Giallorossi tak cukup memiliki satu taktik baku. Dia pun menuntut anak-anak asuhnya untuk mengasah formasi baru pada sesi latihan satu pekan terakhir.

"Ada beberapa pergerakan yang terjadi secara natural oleh pemain. Namun, ada masalah apabila tim mengubah skema dari empat menjadi tiga atau lima pemain belakang," kata Spalletti.

"Juventus mengajari setiap tim bahwa penting untuk memiliki opsi. Saya juga pernah mengatakan, tim harus bisa mengubah sikap dalam pertandingan," tutur dia.

Spalletti sendiri sempat menjajal format tiga pemain belakang pada paruh kedua kontra Verona. Dia pun tak memungkiri bahwa perubahan ini merupakan salah satu persiapan untuk melawan Juventus.

"Kalau kami akan berkaca dengan Juventus, kami harus terlihat indah. Kami harus menemukan gaya sendiri dan memahami cara mengembangkannya. Ya, ada kemungkinan kami bermain dengan tiga bek besok," ujar Spalletti.

Bukan kali pertama Spalletti menerapkan mental "bunglon". Di bawah asuhan Spalletti dari 2005 hingga 2009, Roma mengusung 4-2-3-1 sebagai formasi baku dan 3-4-3 sebagai taktik cadangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.