Wow! Nilai Jual Guangzhou Evergrande Mendekati MU

Kompas.com - 16/01/2016, 00:29 WIB
Guangzhou Evergrande melangkah ke semifinal Piala Dunia Antarklub setelah mengempaskan America, Minggu (13/12/2015). KAZUHIRO NOGI/AFPGuangzhou Evergrande melangkah ke semifinal Piala Dunia Antarklub setelah mengempaskan America, Minggu (13/12/2015).
EditorAloysius Gonsaga AE
SHANGHAI, KOMPAS.com - Klub China dengan prestasi nan mentereng, Guangzhou Evergrande Taobao, mengumpulkan dana sebesar 132 juta dollar AS (sekitar Rp 1,847 triliun) dari para investor baru dan mengatrol nilai klub menjadi 2,4 miliar dollar AS. Nilai tersebut hampir mendekati nilai klub raksasa Premier League dan Eropa, Manchester United.

Evergrande, yang merupakan juara Asia 2015, mengumpulkan 869 juta yuan dari penerbitan sejumlah saham baru di pasar saham China, National Equities Exchange and Quotations (NEEQ), setelah terdaftar pada November. Tetapi, jumlah tersebut masih jauh dari target karena mereka memperkirakan bakal meraih dana hingga 2,65 miliar yuan pada awal pendaftaran sahamnya di NEEQ.

Sebelumnya, perusahaan pengembang perumahan Evergrande mempunyai 60 persen dari total saham klub yang dibentuk sejak Juni 1954 itu dan 40 persen sisanya dimiliki perusahaan perdagangan jaringan elektronik, Alibaba.

Setelah penjualan saham-saham baru, komposisi saham Evergrande menjadi 56,71 persen dan Alibaba menjadi 37,81 persen, sedangkan sisa 5,48 persen saham klub kota Guangzhou itu dimiliki 23 investor baru. Demikian pernyataan yang dirilis pada Kamis (14/1/2016).

Perusahaan investasi Foresea Kaynes Investment dari Shenzhen mengelola 1,16 persen dari total penjualan saham-saham baru Evergrande di NEEQ.

Para investor membayar 40 yuan per lembar saham. Harga jual yang tinggi itu memicu banyak pertanyaan menyusul Evergrande telah kehilangan uang sebesar 75 juta dollar pada 2014.

Nilai klub yang ditangani Luiz Felipe Scolari itu hampir mendekati nilai jual klub Manchester United yaitu 2,53 miliar dollar AS.



Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X