Enrique, Guardiola, dan Sampaoli Berebut Gelar Pelatih Terbaik Dunia

Kompas.com - 30/11/2015, 22:40 WIB
FIFA mengumumkan Luis Enrique, Josep Guardiola, dan Jorge Sampaoli sebagai tiga finalis FIFA World Coach of the Year. Dok. FIFAFIFA mengumumkan Luis Enrique, Josep Guardiola, dan Jorge Sampaoli sebagai tiga finalis FIFA World Coach of the Year.
|
EditorAnju Christian

KOMPAS.com - Luis Enrique, Josep Guardiola, dan Jorge Sampaoli menjadi tiga calon peraih FIFA World Coach of the Year.

Enrique masuk daftar finalis berkat kesuksesan Barcelona meraih tiga gelar pada 2014-15. Adapun Sampaoli mengantarkan Cile menjuarai Copa America 2015 dan menembus peringkat ketiga dalam ranking FIFA.

Sementara itu, Guardiola membawa Bayern Muenchen sebagai juara Bundesliga untuk kali kedua secara beruntun. Ini merupakan kali keempat Guardiola masuk daftar tiga finalis. Dia sempat memenanginya pada edisi 2011.

Tak ada nama Jose Mourinho dan Massimiliano Allegri dalam daftar finalis. Padahal, Mourinho menyumbang gelar Premier League dan Capital One untuk Chelsea, sedangkan Allegri memenangi Serie A dan Coppa Italia bersama Juventus.

Semua nomine telah melalui proses pemungutan suara yang melibatkan kapten tim nasional dan jurnalis dari 207 negara anggota FIFA. FIFA dan France Football juga memilih satu jurnalis dari setiap negara untuk menyumbang suara.

Pemenang bakal diumumkan pada malam seremonial Ballon d'Or di Kongresshaus, Zurich, Swiss, 11 Januari 2016. Pada momen ini, FIFA juga mengumumkan pemenang Ballon d'Or, Women’s World Player of the Year, dan Puskas Award.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber FIFA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X