Kompas.com - 08/07/2015, 20:06 WIB
EditorAry Wibowo
JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih Bali United Pusam (BUP), Indra Sjafri, berharap turnamen Piala Indonesia Satu yang digagas oleh Mahaka Sports and Entertainment bisa berjalan dengan baik hingga selesai.

Piala Indonesia Satu rencananya bakal digelar pada 15 Agustus 2015. Turnamen yang mendapat izin dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tersebut bakal diikuti oleh 16 klub.

Berdasar hasil pertemuan pada Senin (6/7/2015), baru 11 klub Indonesia Super League (ISL) yang dipastikan mengikuti turnamen. Jika target perserta tidak tercapai, pihak promotor dikabarkan bakal mengundang beberapa klub Divisi Utama.

Mahaka Sports and Entertainment juga telah menunjuk empat klub yang bakal menjadi tuan rumah Piala Indonesia Satu. Keempat klub itu antara lain PSM Makassar, Arema Indonesia, Bali United Pusam, dan Persib Bandung.

"Ini yang kami tunggu-tunggu, ada turnamen yang direkomendasikan oleh PSSI. Sehingga klub atau tim yakin mengikutinya. Saya senang dengan akan digelarnya turnamen itu," ungkap Indra.

"Harapan saya, mudah-mudahan turnamen ini bisa jalan sesuai dengan harapan. Penyelenggara juga harus menyiapkan semuanya, mulai dari izin bertanding, perangkat pertandingan, ada peserta, dan dukungan dari PSSI," tambahnya.

Indra menerangkan, dirinya begitu semangat menatap turnamen untuk mengisi kekosongan kompetisi menyusul konflik antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan PSSI. Ia mengaku, BUP kehilangan 34 pertandingan akibat kompetisi ISL 2015 berhenti di tengah jalan.

"Kami juga kehilangan waktu pembinaan pemain selama satu tahun. Padahal pembinaan menjadi program utama di Bali United, selain bersaing di kompetisi ISL. Oleh karena itu, saya senang dengan akan digelarnya Piala Indonesia Satu," terang Indra.

Sementara itu, terkait kesiapan timnya menjadi tuan rumah Piala Indonesia Satu, Indra mengungkapkan, "Sampai hari ini kami masih tetap berlatih. Rencananya tim akan diliburkan pada 12 Juli 2015 dan akan kembali berlatih pada H+4 Lebaran untuk menyiapkan diri jelang turnamen yang digelar Mahaka."

"Yang terpenting bagi kami adalah program pembinaan selama lima tahun bisa terus dilakukan. Ikut turnamen menjadi salah satu bagian dari program itu. Jadi targetnya adalah anak-anak bisa tampil makin baik, menambah pengalaman bertanding, bisa dijadikan persiapan jelang kompetisi ISL musim depan, dan mengukur kekuatan tim. Kalau jika ternyata bisa jadi juara, itu akan sangat lebih bagus," jelas Indra.

Indra pun berharap Mahaka bisa mendapatkan izin bertanding dari kepolisian agar turnamen berjalan lancar. Pasalnya salah satu masalah vakumnya kompetisi ISL 2015, karena tidak adanya izin bertanding dari pihak kepolisian.

"Saya berharap izin bertanding tidak jadi masalah. Semuanya bisa lancar tanpa hambatan apa-apa," harap Indra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.