Kompas.com - 07/07/2015, 17:40 WIB
|
EditorAry Wibowo
JAKARTA, KOMPAS.com — Turnamen Piala Indonesia Satu yang dipromotori oleh Mahaka Sports and Entertainment akan segera bergulir setelah mendapatkan kepastian sponsor hingga klub yang akan turun dalam kejuaraan tersebut.

CEO Mahaka, Hasani Abdul Gani, menjelaskan, demi kelangsungan turnamen yang sedianya akan digulirkan pada 15 Agustus itu, pihaknya mengundang perwakilan dari klub peserta kompetisi Indonesia Super League (ISL).

"Kami mengundang 18 klub, tetapi yang hadir hanya 11 klub. Saya pastikan klub yang hadir akan turun pada Piala Indonesia Satu. Jumlah ini berpeluang bertambah," katanya.

Menurut dia, target yang direncanakan adalah 16 klub dan akan terbagi dalam empat grup dengan menggunakan format Piala Dunia. Jika kuota tidak terpenuhi, pihak penyelenggara juga berminat untuk menggandeng klub Divisi Utama.

Adapun 11 klub yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Gresik United, Persela Lamongan, Persib Bandung, PSM Makassar, Arema Indonesia, Bali United, Persebaya, Barito Putra, Persija, Pelita Bandung Raya, dan Persiram Raja Ampat.

Dari jumlah tersebut, ada empat klub yang ditunjuk menjadi tuan rumah babak penyisihan, yaitu Persib, Arema, Bali United, dan PSM. Kesiapan menjadi tuan rumah langsung disambut dengan positif oleh perwakilan juara ISL 2014-2015, yaitu Risha Adi Wijaya.

"Kami sangat mengapresiasi penunjukan ini. Persib telah terbiasa mengadakan pertandingan kandang. Dengan dukungan promotor, kami siap menggelar pertandingan di Bandung," kata Risha Adi Wijaya.

Begitu juga dengan Bali United. Klub yang sebelumnya bernama Persisam Samarinda itu juga menunjukkan kesiapannya. Seperti yang dikatakan oleh CEO Bali United, Yabes Tanuri, pihaknya akan berusaha menyiapkan yang terbaik, termasuk meningkatkan potensi olahraga di Bali.

Klub ISL yang akan turun pada Piala Indonesia Satu juga pantas sedikit tersenyum karena sang promotor juga akan mengucurkan dana match fee. Dana tersebut di luar subsidi, terutama untuk tuan rumah babak penyisihan.

Hanya, besaran match fee tersebut belum dijelaskan dengan detail oleh Hasani Abdul Gani. Begitu juga dengan subsidi. Promotor yang pernah mendatangkan Liverpool FC ke Indonesia itu masih akan menunggu kesepakatan dengan pihak sponsor.

"Yang terpenting, turnamen ini tidak merugikan. Kalau rugi, pasti tidak enak," kata Hasani Abdul Gani.

Jika Piala Indonesia Satu bergulir, bisa dipastikan ada dua turnamen selama Agustus nanti. Satu turnamen lagi adalah Piala Kemerdekaan yang digagas Tim Transisi bentukan Kemenpora. Hanya, pesertanya mayoritas berasal dari klub Divisi Utama.

Para peserta dari turnamen yang akan digulirkan pada 1 Agustus ini dimanjakan dengan match fee yang cukup besar, yaitu Rp 50 juta per pertandingan. Jumlah itu akan terus meningkat jika klub masuk ke babak berikutnya. Saat ini, sudah ada 23 klub yang akan berpartisipasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.