Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2015, 09:35 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Manajer Chelsea, Jose Mourinho, menilai sepak bola tak bisa lepas dari kemenangan. Serangan balik, di mata Mourinho, menjadi salah satu cara untuk meraih tujuan itu.  

Mourinho memang sempat beberapa kali disindir terkait permainan pragmatis Chelsea, terutama seusai meraih kemenangan atas Manchester United. Namun, menurut dia, penguasaan bola dominan tak berarti apa-apa jika tim tersebut tak bisa meraih kemenangan. (Baca juga: Kalah Penguasaan Bola Tak Bikin Mourinho Gusar

Pelatih asal Portugal itu juga menyindir anggapan sejumlah manajer yang seperti alergi menerapkan taktik serangan balik. “Adalah hal bodoh jika ada pelatih menabukan serangan balik,” ujar Mourinho

“Serangan balik merupakan salah satu hal fantastis dalam sepak bola, amunisi yang harus dimiliki oleh tim mana pun. Sebab, ketika ada lawan mengalami ketidakseimbangan, tim Anda punya momen fantastis untuk menciptakan gol,” lanjut dia. 

“Tujuan sepak bola itu tak pernah berubah, yakni meraih kemenangan,” kata Mourinho. 

Taktik Mourinho itu memang menjadikan Chelsea sebagai kampiun Premier League. Menariknya, dari 73 gol Chelsea pada Premier League musim ini, hanya satu yang tercipta lewat serangan balik. Adapun tim tersering mencetak gol lewat serangan balik adalah Manchester City, dengan 10 gol. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com