Mantan Pemain Liga Inggris Dipenjara karena Terlibat "Match Fixing"

Kompas.com - 30/04/2015, 16:45 WIB
Suap. ShutterstockSuap.
EditorAloysius Gonsaga AE
LONDON, Kompas.com - Seorang mantan pemain Premier League dihukum penjara dua setengah tahun oleh pengadilan Inggris pada Rabu (29/4/2015) karena berkonspirasi untuk menyuap sejumlah pemain pada skema pengaturan pertandingan di liga rendah.

Delroy Facey, mantan penyerang Bolton Wanderers, West Bromwich Albion, dan Hull City, membantah dirinya ambil bagian dalam konspirasi tersebut. Pemain 35 tahun itu berargumen bahwa dirinya memutuskan untuk mengerjai seorang pengusaha yang menawarinya 15.000 poundsterling untuk ambil bagian dalam skenario itu, tetapi juri di Pengadilan Birmingham memutuskan ia terlibat konspirasi dengan cara menyuap beberapa pemain.

Hakim Mary Stacey yang berkata bahwa tindakan-tindakan Facey merusak 'hati terdalam di sepak bola,' berkata kepadanya, "Anda semestinya menjadi teladan, namun Anda menodai posisi itu."

Rekan Facey yang juga menjadi terdakwa, mantan pemain non-liga berusia 25 tahun Moses Swaibu, juga dihukum 16 bulan penjara.

Facey dinyatakan berkonspirasi dengan pengatur pertandingan lainnya Chann Sankaran dan Krishna Ganeshan, yang dinyatakan bersalah karena melakukan penyuapan pada persidangan sebelumnya. Persidangan mengungkap bahwa Facey berkata kepada seorang pemain di klub non liga papan bawah, bahwa ia dapat menghasilkan 'uang cepat' dengan mengatur hasil pertandingan.

Ia juga disebut melakukan kontak dengan sejumlah tim di Football Conference, kompetisi semi profesional strata kelima di sepak bola Inggris, untuk bersiap 'mengatur' pertandingan agar dapat memperoleh imbalan.



Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X