Kompas.com - 04/09/2014, 09:33 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo mengakui bahwa tak mudah meniru kesuksesan dirinya di Real Madrid ke timnas Portugal. Meski demikian, mantan pemain Manchester United ini merasa yakin negaranya mampu menjuarai Piala Eropa 2016.

Peraih gelar FIFA Ballon d'Or tersebut ikut memberikan andil besar bagi Madrid ketika menjuarai Liga Champions musim lalu. Dia bahkan mencetak sejarah karena memecahkan rekor gol terbanyak hanya dalam satu event itu dengan raihan 17 gol.

Sayang, prestasi gemilang di level klub tak menular ke level internasional. Pada putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil pada Juni-Juli lalu, Ronaldo tak berdaya membawa Selecao meraih hasil yang bagus. Mereka langsung tersingkir di fase penyisihan grup, sehingga impian mempersembahkan gelar bagi negaranya masih harus tertunda.

Meski demikian, Ronaldo tak putus asa. Dia tetap menaruh harapan bisa membawa Portugal meraih satu gelar major, dan itu pada Piala Eropa dua tahun mendatang di Perancis.

"Tak muda melakukannya," ujar Ronaldo kepada The Telegraph. "Membandingkan kualitas yang kami miliki di Real dengan tim nasional, tidak sama. Saya bersama dengan rekan-rekan di tim nasional hanya sesekali."

"Kami hanya memiliki 10 juta orang di Portugal, jadi menemukan para pemain top sebuah pekerjaan yang susah. Ini merupakan kunci mengapa Portugal tak pernah meraih trofi penting, seperti Piala Dunia atau Piala Eropa."

"Namun kami masih yakin. Kami harus yakin suatu hari nanti itu akan terjadi. Mungkin Piala Eropa 2016 merupakan saatnya kami akan memenangi sesuatu. Saya menantikannya. Saya pikir hal tersebut mungkin."

Ronaldo memainkan peranan penting ketika membawa Portugal lolos ke putaran final Piala Dunia 2014. Pada play-off kualifikasi zona Eropa melawan Swedia, mantan pemain termahal dunia itu mencetak hat-trick pada leg kedua, yang memastikan Portugal meraih tiket menuju Brasil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.