KOMPAS.com - Banyak jalan mempromosikan produk, terlebih ketika musim pesta sepak bola sejagat bersemi. Di Jerman, misalnya, sejumlah bar memberikan bir gratis kepada tetamu yang nongkrong saat tim Jerman bertanding di Piala Dunia 2014.

Salah satu bar yang memberikan bir gratis adalah Schraders Bar. Bar yang berlokasi di kota Berlin itu, pada laga semifinal Jerman melawan Brasil, Rabu (9/7/2014), memberikan bergelas-gelas bir kepada pengunjung untuk setiap gol yang berhasil dicetak tim Jerman.

Tidak disangka, tim Jerman mampu mencetak 7 gol dan menggagalkan ambisi Brasil melaju ke final. Alhasil, dengan 7 gol, bar itu harus membagikan lebih dari 1.000 gelas bir kepada pengunjung bar tersebut.

Menjelang duel final antara Argentina yang mewakili kekuatan sepak bola Amerika Latin dan Jerman yang mewakili kekuatan sepak bola Eropa, Senin (14/7) dini hari WIB, para pemilik bar masih mempertahankan program bagi-bagi bir gratis. Aturan mainnya masih sama: pihak bar akan memberikan bir gratis setiap kali tim Jerman mencetak gol. Hal itu telah dikonfirmasi Christian Wojtek, Manajer Schraders Bar.

Bagi-bagi bir gratis juga akan dilakukan Restoran Landhaus Walter di kota Hamburg. Namun, pihak restoran belum bisa memberikan konfirmasi mengenai jumlah bir gratis yang disiapkan untuk pelanggan.

Sekadar catatan, ketika Jerman bertanding melawan Brasil di babak semifinal, restoran itu menyiapkan 50 liter bir bagi 1.500 pengunjung yang memadati restoran pada hari itu. Kenyataannya, restoran harus mengalirkan 350 liter bir atau tujuh kali lipat dari jumlah yang disiapkan. Penyebabnya adalah terlalu banyak gol yang diceploskan pemain Jerman ke gawang Brasil. Satu hal yang tidak diduga banyak orang.

Selain pengusaha bar dan restoran, pengusaha roti di Jerman juga tak mau ketinggalan berbagi roti gratis dalam rangka promosi selama Piala Dunia. Toko roti yang memberikan roti gratis antara lain Büsch Bakery, salah satu cabang dari jaringan waralaba toko roti di Jerman. Saat laga semifinal lalu, cabang Büsch Bakery yang terletak di North Rhine-Westphalia membagikan banyak roti kepada pelanggan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

”Saya tidak sempat menghitung berapa jumlah roti yang dibagikan kepada pengunjung. Saya kira jumlahnya mencapai ratusan ribu roti isi,” ujar Dirk Jonack, Manajer Büsch Bakery di North Rhine-Westphalia.

Gara-gara program itu, toko tersebut sampai kehabisan stok. ”Pengunjung sampai harus menggunakan voucer stok supaya bisa mendapatkan roti gratis,” kata Jonack.

Meski begitu, pengusaha roti tidak merasa rugi. Selain berpromosi, mereka juga membahagiakan warga yang mendukung Jerman di final Piala Dunia 2014. (WWW.THELOCAL.DE/HLN)