Kompas.com - 13/07/2014, 12:44 WIB
Laga final Piala Dunia 2014 antara Jerman melawan Argentina akan dihelat di Estadio Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (13/7/2014). AFP PHOTO / YASUYOSHI CHIBALaga final Piala Dunia 2014 antara Jerman melawan Argentina akan dihelat di Estadio Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (13/7/2014).
|
EditorTjatur Wiharyo
RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com — Kemeriahan Piala Dunia 2014 akan ditutup dengan laga final yang mempertemukan Jerman melawan Argentina di Estadio Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (13/7/2014).

Jerman difavoritkan menjadi juara karena menyingkirkan Brasil di semifinal dengan skor 7-1. Jika berhasil, Jerman akan menjadi negara Eropa pertama yang berhasil juara di tanah Amerika Latin.

Der Panzer datang ke final dengan kekuatan penuh. Hanya Shkodran Mustafi yang dipastikan absen karena mengalami cedera. Namun, Mustafi adalah pemain pelapis yang biasa mengisi tempat di bek sentral.

Lima gelandang serang Jerman akan menjadi tumpuan untuk menggoreskan luka ke barisan pertahanan tim Tango. Kolaborasi Mesut Oezil, Thomas Mueller, Toni Kroos, dan Miroslav Klose terbukti ampuh membuat lini belakang lawan pontang-panting, seperti yang dialami Brasil.

Di kubu Argentina, Lionel Messi akan menjadi tumpuan untuk mengacak-acak pertahanan Jerman. Namun, Messi kemungkinan besar masih akan kehilangan rekan kompaknya di Piala Dunia ini, Angel di Maria. Di Maria belum bisa dipastikan turun gelanggang setelah mengalami cedera.

Barisan depan lain dari Argentina belum menunjukkan tanda-tanda tampil konsisten. Gonzalo Higuain baru mengemas satu gol sepanjang turnamen. Sementara itu, Sergio Aguero, Ezequiel Lavezzi, dan Rodrigo Palacio tidak memperlihatkan performa menawan, seperti yang biasa mereka lakukan di klub masing-masing.

Mimpi buruk bisa mendatangi Argentina jika Jerman berada dalam kondisi puncak. Terlebih lagi, Argentina punya pengalaman buruk selalu disingkirkan Jerman dalam dua perhelatan Piala Dunia terakhir. Jika tak hati-hati, Argentina bisa menelan hat-trick kekalahan di tangan Jerman di Piala Dunia, sekaligus mengubur mimpi mengangkat trofi Piala Dunia setelah 28 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perkiraan susunan pemain
Jerman: Manuel Neuer; Philipp Lahm, Mats Hummels, Jerome Boateng, Benedikt Hoewedes; Toni Kroos, Sami Khedira, Bastian Schweinsteiger; Thomas Mueller, Mesut Oezil; Miroslav Klose
Pelatih: Joachim Loew

Argentina: Sergio Romero; Pablo Zabaleta, Martin Demichelis, Ezequiel Garay, Jose Maria Basanta; Lucas Biglia, Enzo Perez, Javier Mascherano; Lionel Messi, Sergio Aguero; Gonzalo Higuain
Pelatih: Alejandro Sabella

Kemungkinan absen
Jerman: Shkodran Mustafi (cedera)
Argentina: Angel di Maria (meragukan)

Rekor pertemuan
16/8/2012 - Jerman 1-3 Argentina (Persahabatan)
3/7/2010 - Argentina 0-4 Jerman (Piala Dunia)
4/3/2010 - Jerman 0-1 Argentina (Persahabatan)
30/6/2006 - Jerman 1-1 Argentina (Piala Dunia)
22/6/2005 - Argentina 2-2 Jerman (Piala Konfederasi)

Performa lima laga terakhir
Jerman: M-M-M-M-S
Argentina: M-M-M-M-M

Prediksi
Bwin: 2,30 - 3,25 - 3,60
William Hill: 2,30 - 3,10 - 3,50
Kompas Bola: 55 - 45



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.