Kompas.com - 13/05/2014, 09:36 WIB
Pemain AC Milan, Kevin Constan, memegang pisang yang dilemparkan oleh pendukung Atalanta pada pertandingan Serie-A, Minggu (12/5/2014). Dok. BBCPemain AC Milan, Kevin Constan, memegang pisang yang dilemparkan oleh pendukung Atalanta pada pertandingan Serie-A, Minggu (12/5/2014).
|
EditorTjatur Wiharyo
ATALANTA, KOMPAS.com -- Klub Serie-A, Atalanta, didenda sebesar 40.000 euro (sekitar Rp 643 juta) atas tindakan pendukungnya yang melempar pisang ke arah pemain AC Milan, Kevin Constant, dalam pertandingan Serie-A, Minggu (11/5/2014).

Pengadilan Disiplin Liga Italia juga memutuskan untuk menutup sektor Curva Nord (Tribun Utara) Stadion Atleti Azzurri d'Italia selama satu pertandingan, tetapi sanksi tersebut ditangguhkan untuk satu tahun.

Presiden Atalanta, Antonio Percassi, telah menghubungi Wakil Presiden Milan, Adrino Galliani, untuk meminta maaf terkait insiden rasial tersebut.

"Percakapan kami sangat ramah dan Galliani yang menerima permintaan maaf itu mengatakan bahwa dia menerimanya, hal itu merupakan insiden yang harus diisolasi. Percassi secara pribadi akan menghubungi Constant untuk meminta maaf secara resmi atas nama klub," kata Atalanta dalam pernyataan resminya.

Insiden ini merupakan kejadian rasial yang ketiga pada pertandingan kompetitif di Eropa. Bek Barcelona, Dani Alves, memilih memakan pisang yang dilemparkan oleh oknum pendukung Villarreal pada 28 April 2014.

Reaksi Alves tersebut mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Neymar, Sergio Aguero, Hulk, Luis Suarez, dan David Luiz mengunggah foto ke media sosial yang menunjukkan masing-masing dari mereka sedang menggigit pisang. Bahkan, Presiden Brasil Dilma Rousseff juga mengapresiasi cara Alves menanggapi insiden itu.

Kemudian, pemain Levante, Papakouly Diop, menyampaikan protes karena merasa dirinya dilecehkan saat melawan Atletico Madrid pada 4 Mei 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X