Vietnam Tunggu Indonesia atau Timor Leste

Kompas.com - 20/09/2013, 21:16 WIB
Piala AFF U-19 Piala AFF U-19
|
EditorAloysius Gonsaga AE
GRESIK, Kompas.com - Tim nasional Vietnam U-19 lolos ke babak final Piala AFF U-19. Pada babak semifinal di Stadion Petrokimia, Gresik, Jawa Timur, Jumat (20/9/2013), mereka menundukkan Laos dengan skor tipis 1-0.

Gol tunggal tim muda Vietnam dicetak melalui tendangan Nguyen Cong Phuong pada menit ke-74, usai melakukan kerja sama apik dan menerobos pertahanan Laos.

Dalam pertandingan itu, Vietnam yang menggunakan kostum merah-merah tidak mampu bermain maksimal sepanjang babak pertama. Sementara Laos yang menggunakan kostum biru-biru, mampu menguasai pertandingan dengan umpan pendek yang akurat antarlini.

Meski demikian, kedua tim sama-sama memiliki peluang bagus di babak pertama, namun belum bisa membuahkan gol hingga babak pertama usai. Skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Laos mulai mengubah pola permainan dengan memasukkan Sisawad Dalavong dan menarik keluar Jo E Sandara. Perubahan pola ini berhasil menciptakan beberapa peluang yang hampir berbuah gol, seperti pada menit ke-47 dan 63. Tetapi, peluang itu gagal diakhiri dengan manis, sehingga sama sekali tidak mengubah skor.

Sementara, Vietnam yang terus mendapat tekanan dari Laos berhasil mencuri kesempatan di menit ke-74. Setelah membangun serangan dari sektor tengah, pemain bernomor punggung 10, Nguyen Cong Phuong berhasil membobol gawang Laos dan mengubah skor menjadi 1-0.

Usai unggul satu gol, pemain Vietnam mulai percaya diri dan membalik gempuran ke gawang Laos, serta sempat kembali menambah pundi gol pada menit ke-90. Tetapi tendangan pemain nomor 14 itu dianulir wasit karena terjebak offside.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, keunggulan tipis untuk Vietnam tetap bertahan, dan membuat Vietnam melangkah ke babak puncak. Mereka menunggu pemenang Indonesia lawan Timor Leste yang sedang bertanding di Stadion Delta Sidoarjo.

Vietnam lolos ke semifinal sebagai juara Grup B. Mereka juga mengalahkan Indonesia 2-1 di babak penyisihan grup.

Baca tentang


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X