Kompas.com - 29/08/2013, 22:29 WIB
Trofi Liga Champions AFP PHOTO / VALERY HACHETrofi Liga Champions
|
EditorPalupi Annisa Auliani
MONAKO, KOMPAS.com — Beberapa saat lagi, 32 tim Eropa akan segera terbagi dalam delapan grup fase grup Liga Champions. Sebelum pengundian, 32 tim ini ditempatkan di empat pot unggulan berdasarkan koefisien klub di UEFA. Pembagian pot ini berpotensi menempatkan tim-tim juara liga dalam satu grup setelah pengundian.

Pemegang titel Bayern Muenchen, dua raksasa Spanyol Barcelona dan Real Madrid, serta tiga jagoan Premier League, yakni Chelsea, Manchester United, dan Arsenal, berada di pot pertama bersama dua wakil Portugal, Porto, dan Benfica.

Adapun juara Serie-A Italia, Juventus, juara Ligue 1 Paris Saint-Germain, dan Atletico Madrid selaku wakil Spanyol, berada di pot kedua. Mereka bergabung dengan AC Milan yang baru saja memastikan lolos ke fase grup setelah mengalahkan wakil Belanda PSV Eindhoven 3-0 di San Siro, Rabu (28/8/2013) waktu setempat. Sementara itu, Borussia Dortmund, finalis tahun lalu, berada di pot ketiga.

Penempatan klub dalam empat pot ini memunculkan kemungkinan adanya grup neraka di Liga Champions. Juara La Liga Barcelona (pot 1) bisa saja bergabung dengan juara liga-liga lain, yakni Paris Saint-Germain (pot 2), Ajax Amsterdam (pot 3), dan Celtic FC (pot 4) dalam satu grup.

Grup neraka tersusun pada fase grup Liga Champions tahun lalu. Saat itu Real Madrid, Manchester City, Ajax Amsterdam, dan Borussia Dortmund yang berstatus juara liga, masing-masing harus saling bunuh di Grup D.

Skema lain yang berpotensi menjadi grup keras ialah juara bertahan Bayern Muenchen yang ditempatkan satu grup dengan Atletico Madrid, Manchester City, dan Napoli. Masih ada sejumlah alternatif untuk pembagian grup yang memiliki kans menyajikan pertandingan atraktif dengan persaingan ketat.

Berikut pembagian lengkap pot-pot pengundian Liga Champions.

Pot 1
Bayern Muenchen* (GER)
Barcelona (ESP)
Chelsea (ENG)
Real Madrid (ESP)
Manchester United (ENG)
Arsenal (ENG)
Porto (POR)
Benfica (POR)

Pot 2
Atletico Madrid (ESP)
Shakthar Donetsk (UKR)
AC Milan (ITA)
Schalke 04 (GER)
Olympique de Marseille (FRA)
CSKA Moskwa (RUS)
PSG (FRA)
Juventus (ITA)

Pot 3
Zenit St Petersburg (RUS)
Manchester City (ENG)
Ajax Amsterdam (NED)
Borussia Dortmund (GER)
FC Basel (SUI)
Olympiakos (GRE)
Galatasaray (TUR)
Bayer Leverkusen (GER)

Pot 4
FC Copenhagen (DEN)
Napoli (ITA)
Anderlecht (BEL)
Glasgow Celtic (SCO)
Steaua Bucharest (ROU)
Viktoria Plzen (SZE)
Austria Wien (AUT)

* = pemegang titel

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X