Ranking FIFA Saat Lebaran, Indonesia Stagnan

Kompas.com - 08/08/2013, 20:08 WIB
Timnas sepak bola Indonesia. Sebagian dari mereka akan dipanggil masuk Indonesia XI untuk melawan Chelsea, Kamis (25/7/2013). TRIBUNNEWS/DANY PERMANATimnas sepak bola Indonesia. Sebagian dari mereka akan dipanggil masuk Indonesia XI untuk melawan Chelsea, Kamis (25/7/2013).
|
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA, KOMPAS.com - Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) merilis peringkat tim-tim nasional negara-negara anggotanya di seluruh dunia bersamaan hari Lebaran, Kamis (08/08/2013) ini. Posisi tim nasional Indonesia stagnan pada peringkat bawah, bahkan menurun satu peringkat dibanding bulan sebelumnya.

Dalam ranking FIFA yang dirilis melalui situs resmi FIFA (www.fifa.com), Kamis (08/08/2013), Indonesia berada di peringkat ke-169 dari 209 negara anggota FIFA. Posisi itu menurun dari bulan Juli lalu, saat tim Merah-Putih berperingkat ke-168. Posisi tersebut hanya satu strip di atas peringkat terburuk sepanjang sejarah persepakbolaan nasional (170) selama tiga bulan, April hingga Juni lalu. 

Dengan peringkat ke-169 tersebut, Indonesia bukan hanya di bawah negara-negara ASEAN lainnya, seperti Thailand (peringkat ke-137), Filipina (141), Singapura (155), Vietnam (156), Malaysia (162), dan Myanmar (165). Indonesia  -- negeri berpenduduk sekitar 240 juta --  juga hanya terpaut sedikit di atas negara-negara kecil Asia, seperti Nepal (170) dan Laos (172).

Sepanjang bulan Juli lalu, para pemain timnas Indonesia -- bukan dengan nama timnas -- sebenarnya melakoni sejumlah pertandingan uji coba melawan klub-klub Inggris, yakni Arsenal, Liverpool, dan Chelsea. Mereka menelan kekalahan pada tiga laga tersebut. Laga-laga uji coba itu tidak diperhitungkan dalam penentuan poin pemeringkatan ranking FIFA.

Terakhir, timnas Indonesia menjalani uji coba resmi pada 7 Juni lalu, saat kalah 0-3 dari timnas Belanda di Jakarta. Skuad asuhan Pelatih Jacksen F Tiago dijadwalkan menjamu Filipina dalam laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, Rabu mendatang. Laga itu merupakan bagian persiapan tim Merah-Putih sebelum menjamu China pada laga kualifikasi Piala Asia 2015 di Jakarta, 15 Oktober mendatang.

Indonesia saat ini juru kunci klasemen Grup C di bawah Arab Saudi, China, dan Irak. Itu setelah mereka kalah 0-1 dari Irak dan 1-2 dari Arab Saudi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X