Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dortmund Terancam Eksodus

Kompas.com - 29/05/2013, 02:45 WIB

Dortmund, Selasa - Borussia Dortmund terancam ditinggalkan pemain-pemain bintangnya pada bursa transfer musim panas ini. ”The Borussians” akan sulit bersaing di Bundesliga dan Liga Champions musim depan jika sebagian besar pemain pilarnya pindah klub.

Menjelang akhir musim 2012/2013, Dortmund kehilangan Mario Goetze. Gelandang 20 tahun hasil binaan akademi Dortmund itu pindah ke Bayern Muenchen. Goetze menggunakan pasal pelepasan dalam kontraknya dengan Dortmund.

Kini, Dortmund dibuat gelisah oleh Robert Lewandowski yang tidak ingin memperpanjang kontraknya yang akan habis akhir musim depan. Lewandowski menyisakan misteri setelah mengantar Dortmund ke final Liga Champions melawan Bayern akhir pekan lalu.

Striker berusia 24 tahun itu dikabarkan akan menyelesaikan negosiasi transfer ke Bayern dalam beberapa pekan ke depan. Manajer Lewandowski, Cezary Kucharski, memberi sedikit petunjuk. Saat ditanya apakah Lewandowski akan pindah ke Bayern, Kucharski menjawab singkat, ”Ya.”

Dalam wawancara dengan televisi Polandia TVN24 pada Senin (27/5) itu, Kucharski menjelaskan bahwa transfer Lewandowski sedang dibahas oleh kedua klub, tetapi belum ada yang ditandatangani.

Kucharski mengatakan, Lewandowski sangat ingin merasakan klub dan kehidupan baru. Kucharski dan Maik Barthel yang bekerja sama sebagai agen Lewandowski berada di dalam daftar tamu jamuan makan Bayern saat perayaan juara Liga Champions di London.

Bayern diyakini menjadi klub tujuan ujung tombak tim nasional Polandia itu. Dugaan ini diperkuat oleh Manajer Bayern Jupp Heynckes.

Heynckes menilai, Lewandowski tidak akan terlalu lama menunda keputusan untuk bergabung dengan Bayern setelah Mario Goetze menyelesaikan kesepakatan transfer. ”Saya tidak berpikir Lewandowski akan menunda terlalu lama,” ujar Heynckes.

Pernyataan Heynckes setelah final Liga Champions itu membuat marah CEO Dortmund Hans-Joachim Watzke. Ia menilai Heynckes tidak bijaksana dan menegaskan bahwa Dortmund tidak menerima tawaran resmi dari Bayern.

Dortmund berjuang keras mempertahankan pencetak 24 gol dalam 31 laga di Bundesliga tersebut. Jika kehilangan Lewandowski dan Goetze, Dortmund akan kesulitan bersaing dengan Bayern di Bundesliga, juga dengan klub-klub Eropa di Liga Champions.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com