Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bepe dan Bachdim Lolos dari Sanksi PSSI

Kompas.com - 21/01/2013, 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Bambang Pamungkas (Bepe) dan Irfan Bachdim lolos dari sanksi Komisi Disiplin PSSI, meski keduanya belum bergabung dengan pelatnas Pra Piala Asia (PPA) 2015 di Medan, Sumatera Utara.

Kondisi dua pemain ini berbeda dari 22 pemain senior lainnya yang mendapatkan sanksi cukup berat dari PSSI karena mangkir dari timnas.

"Bepe telah mengajukan izin untuk sementara waktu. Dia lagi fokus mengurus APPI (Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia), sedangkan Irfan saat ini masih di luar negeri, tapi sudah izin," kata anggota Komisi Disiplin PSSI, Catur Agus Saptono, di Jakarta, Senin (21/1/2013).

Berdasarkan keputusan sidang Komisi Disiplin PSSI di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, 22 pemain yang mangkir dalam pemusatan latihan timnas untuk PPA 2015 tidak boleh beraktivitas dalam sepak bola selama enam bulan serta denda masing-masing Rp 100 juta.

Menurut dia, dengan adanya konfirmasi secara resmi ini, pihaknya masih memberikan kelonggaran kepada Bepe dan Irfan Bachdim. Adapun 22 pemain lainnya langsung divonis karena tidak ada konfirmasi secara resmi terkait ketidakhadirannya di pelatnas.

Sebanyak 21 di antara 22 pemain senior yang mendapatkan sanksi itu adalah pemain ISL. Mereka antara lain Busari, Fachruddin, M Roby, Zukifli Syukur, Ahmad Bustomi, I Made Wirawan, Atep, M Ridwan, Tantan, Samsul Arif, Ricardo Salampessy, Patrich Wanggai, Immanuel Wanggai, Ian Kabes, Lukas Mandowen, Ortizan Solossa, Victor Igbonefo, Greg Nwololo, dan Boaz Solossa.

Adapun dua pemain dari kompetisi IPL yang mendapatkan sanksi adalah Irfan Raditya dan Aji Saka. Kedua pemain ini berasal dari klub Arema Indonesia. Hanya, sanksi Aji Saka langsung dianulir karena pemain ini dipanggil masuk timnas U-23.

"Sebelum memutuskan sanksi, terlebih dahulu kami melakukan verifikasi termasuk ke manajemen timnas," tambah Catur.

Pelatnas PPA 2015 sudah berjalan sejak awal bulan lalu. Pemain yang telah hadir di Medan langsung mendapatkan program latihan dari pelatih timnas Nil Maizar.

Dalam pelatnas juga diagendakan beberapa uji coba, baik dengan tim lokal maupun asing.

Setelah menjalani pelatnas dan beberapa pertandingan uji coba, timnas Garuda ini akan menjalani pertandingan resmi PPA 2015 Grup C melawan tuan rumah, Irak, pada 6 Februari mendatang. (ANT)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com