Februari, Guardiola Mengarah ke London? - Kompas.com

Februari, Guardiola Mengarah ke London?

Kompas.com - 11/01/2013, 12:35 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Pep Guardiola bicara untuk pertama kali dalam enam bulan terakhir pada konferensi pers menjelang penghargaan FIFA Ballon d'Or 2012. Ia hanya memastikan akan kembali melatih tim pada musim depan nanti. Ke klub mana, Guardiola masih bungkam, tetapi....

Ia tak mengatakan klub mana karena belum memastikan segalanya. Guardiola terlalu punya banyak opsi. Tawaran paling menggiurkan datang dari Chelsea. Raksasa London barat itu berusaha menggaet dirinya beberapa bulan lalu, tetapi Guardiola menjawab tidak.

Roman Abramovich kemudian memberi ruang kepada Rafael Benitez, tetapi tak pernah mematenkan jabatan manajer Chelsea kepada dia. Maklum saja, miliarder Rusia itu masih yakin suatu saat nanti dapat mendaratkan Guardiola. Pep tahu dan Chelsea mungkin adalah pilihan paling aman, tetapi bukan berarti yang paling menarik.

Masih ada Manchester City. Bahkan, "The Citizens" telah menyiapkan jalan lapang bagi dua kolega Guardiola di Barcelona, Txiki Begiristain dan Ferran Soriano. Keduanya diberi jabatan sama dengan jabatan di Catalan, masing-masing menjadi Direktur Sepak Bola dan Direktur Utama (Chief Executive) City.

Masalahnya adalah manajemen Manchester Biru harus punya alasan sangat bagus untuk memecat Roberto Mancini. Maklum saja, manajer berpaspor Italia itu baru saja meneken kontrak baru berdurasi lima tahun pada akhir musim lalu.

Dua klub lain, Manchester United dan Bayern Muenchen, malah tanpa halangan. Maklum saja, meski belum mengungkapkan kapan kepastiannya, Sir Alex Ferguson akan menggantungkan kariernya dalam waktu dekat. Sementara Jupp Heynckes sudah tak diperpanjang kontraknya lagi oleh manajemen Bayern dan akan habis pada musim panas depan.

Februari nanti Guardiola berjanji menentukan ke mana sebenarnya ia akan menuju. Ke Londonkah?

 


EditorDaniel Sasongko

Close Ads X