Del Bosque: Sepak Bola Spanyol Terbaik - Kompas.com

Del Bosque: Sepak Bola Spanyol Terbaik

Kompas.com - 08/01/2013, 06:53 WIB

ZURICH, KOMPAS.com — Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, menilai Spanyol layak mendominasi dunia sepak bola global. Hal tersebut mengacu pada masuknya sejumlah besar tokoh sepak bola Spanyol dalam nominasi berbagai kategori pada Malam Penghargaan FIFA Ballon d'Or 2012, di Zurich, Senin (7/1/2013).

Untuk kategori pelatih terbaik, Del Bosque masuk nominasi bersama dengan mantan pelatih Barcelona, Josep Guardiola, dan pelatih Real Madrid, Jose Mourinho. Ia memenangi kategori ini berkat keberhasilan membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Nominasi pemain terbaik menampilkan tiga pemain yang bermain di Liga BBVA, yaitu Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Cristiano Ronaldo. Kategori ini dimenangi Messi.

Bukti dominasi sepak bola Spanyol tampak pada daftar pemain Tim Terbaik FIFA-FIFPro. Semua pemain (11 orang) yang ada di daftar tersebut bermain di Liga Spanyol.

"Ini sangat menggembirakan dan saya bangga, dua pelatih Spanyol berada di tiga terbaik karena negara kami saat ini berada di atas dalam dunia sepak bola," ujar Del Bosque.

"Sebelumnya, kami pergi ke luar negeri untuk mencari pemain, tetapi sekarang tidak. Kami telah berada di level tertinggi saat ini. Itu adalah salah satu faktor mengapa kita sekarang berdiri di sini," katanya lagi.

Del Bosque juga mengomentari perihal pilihannya di Ballon d'Or 2012. "Saya memilih tiga pemain Spanyol sebagai konsep umum mengenai keadaan sepak bola kami saat ini," tutur Del Bosque.

"Jadi, saya memilih dua kapten Spanyol (Iker Casillas, Xavi) dan Andres Iniesta. Meski demikian, kita tidak dapat begitu saja melupakan dua pemain hebat, seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo," tegasnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorTjatur Wiharyo

    Close Ads X