Kompas.com - 16/10/2012, 22:12 WIB
EditorDaniel Sasongko

HANOI, KOMPAS.com — Semua pemain tim nasional Indonesia akan mendapat bonus rumah dari Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz jika mereka mampu menjuarai Piala AFF 2012 dan Piala Asia Australia 2015. Demikian dilansir situs resmi PSSI, Selasa (16/10/2012).

Janji bonus rumah Menpera kepada tim "Merah-Putih" itu disampaikan langsung kepada kapten timnas, Elie Aiboy, di Hanoi, Senin (15/10/2012).

"Menpera Djan Faridz menelepon dan berbicara langsung dengan kapten timnas Elie Aiboy. Pak Djan Faridz menyatakan simpati dan apresiasi yang tinggi akan semua perjuangan tim Merah Putih selama ini. Untuk itu, Pak Djan Faridz berjanji akan memberikan bonus rumah kepada semua pemain timnas," kata Habil Marati, Manajer Timnas, seperti dikutip situs resmi PSSI.

Tidak dijelaskan dalam berita tersebut apakah Elie Aiboy dan kawan-kawan harus menjuarai dua ajang sepak bola itu atau salah satu turnamen itu untuk mendapatkan rumah itu. Jika bonus itu hanya diberikan setelah pemain timnas menjuarai Piala AFF 2012 dan juga Piala Asia 2015, persyaratan tersebut tentu sangat sulit—untuk tidak mengatakan "hampir mustahil"—dipenuhi pemain.     

Indonesia belum pernah meraih gelar juara sejak Piala AFF—dulu populer dengan sebutan "Piala Tiger"—itu pertama digulirkan sejak 1996. Ajang Piala Asia jelas jauh lebih berat bagi pemain Indonesia. Dari empat kali tampil di Piala Asia, Indonesia selalu tersingkir dari babak penyisihan grup. Pada Piala Asia terakhir 2011, skuad "Garuda" bahkan tidak lolos ke putaran final.

Selain dijanjikan bonus rumah dari Menteri Perumahan Rakyat, para timnas juga dijanjikan PSSI untuk mengusahakan beasiswa kuliah dari sebuah perguruan tinggi.

"Universitas Gunadarma sudah menetapkan kebijakan beasiswa bagi semua pemain timnas. Itu sangat menggembirakan dan merupakan langkah maju bagi persepakbolaan Indonesia," ujar Djohar Arifin Husin, Ketua Umum PSSI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Djohar juga menjanjikan untuk mempermudah para mantan pemain nasional mengambil sertifikat pelatih lisensi AFC.

"PSSI akan membantu sepenuhnya. PSSI akan membantu semua biaya bagi mereka mantan pemain timnas yang ingin mengambil sertifikat pelatih AFC," tambah Djohar.

Indonesia akan bersaing dengan juara bertahan Malaysia, Singapura, serta Laos pada babak penyisihan Piala AFF 2012 yang berlangsung di Malaysia dan Thailand. Dari delapan ajang Piala AFF, prestasi tertinggi tim "Merah-Putih" baru sebatas menjadi finalis empat kali pada 2000, 2002, 2004, dan 2010.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.