Boateng, Alasan di Balik Kegagalan Ronaldo

Kompas.com - 10/06/2012, 07:51 WIB
EditorDaniel Sasongko

LVIV, KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo boleh jadi bintang tapi kilaunya temaram di hadapan Jerome Boateng.

Kekalahan Portugal 0-1 dari Jerman, Sabtu atau Minggu (10/6/2012) dinihari WIB tak lepas dari kegagalan CR7 --julukan Ronaldo-- melepas aksi terbaiknya. Jerman patut berterima kasih kepada Boateng. Bek Bayern Muenchen itu sukses menjalankan tugas yang diembannya dengan sempurna.

UEFA memberi nilai indeks Boateng sebesar 9,2. Poin itu merupakan cerminan penampilan terbaiknya yang bertahan dari beberapa sepak pojok "Seleccao". Juga, aksi bertahannya dengan mengeblok tembakan dan mencuri bola sekaligus membuat frustrasi Ronaldo.

Bomber Real Madrid sendiri berada di posisi kedua di bawah Boateng. Ronaldo tercatat melepas empat tembakan ke gawang dan mengarsiteki tiga peluang kepada rekan-rekan setimnya.

Sementara Fabio Coentrao ditempatkan di posisi ketiga di bawah Ronaldo. Beberapa kali ia melakukan pertahanan solid dan mengirim umpan akurat.

Nilai Indeks Euro
1. Jerome Boateng (Jerman): 9,2
2. Cristiano Ronaldo (Portugal): 9,13
3. Fabio Coentrao (Portugal): 8,91
4. Bastian Schweinsteiger (Jerman): 8,75
5. Holger Badstuber (Jerman): 8,72

Fakta Kunci
0 - Portugal gagal mencetak gol untuk keempat kali dalam enam partai terakhir

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4 - Ronaldo melepas empat tembakan ke gawang. Tak ada pemain dalam pertandingan itu yang sanggup melepas shots on goal lebih dari satu.

11 - Jumlah sepak pojok Portugal. Bandingkan dengan Jerman yang hanya dua kali.

23 - Jumlah tembakan (termasuk yang diblok) dalam pertandingan itu. Catatan itu adalah yang terendah di antara empat partai pertama Euro 2012.

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X