Bobotoh Kumpulkan Koin untuk Bantu Persib

Kompas.com - 15/12/2011, 16:18 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Pendukung setia Persib Bandung, Bobotoh, menunjukkan loyalitasnya pada klub kesayangannya dengan mengumpulkan koin. Jumlah koin yang terkumpul akan digunakan untuk membayar denda yang dijatuhkan PSSI kepada klub "Maung Bandung" baru-baru ini.

"Mulai Kamis (15/12) ini kami Bobotoh Bandung Peduli Persib dan PSSI mulai mengumpulkan koin untuk disetor ke PSSI yang menghukum Persib Rp 1 miliar. PSSI tidak adil," kata koordinator aksi, Egan, di sela aksi di Gedung Sekretariat PSSI Jabar, Kamis (15/12/2011).

Aksi pengumpulan koin itu dilakukan oleh sekitar 30 Bobotoh dengan mendatangi kelompok Bobotoh Persib lainnya serta masyarakat Bandung yang peduli pada Persib. Setelah itu, mereka mendatangi Sekretariat PSSI Jabar sekitar pukul 11.00 WIB dan melakukan orasi. Bobotoh mengecam keputusan PSSI yang menjatuhkan sanksi terhadap Persib.

Di sela aksi itu pula, para Bobotoh mennyerahkan koin-koin senilai Rp 200 dan Rp 500 kepada staf Pengda PSSI Jabar, Tate, sebagai perwakilan.

"Kami Bobotoh menyampaikan keprihatinan atas sikap PSSI yang ngotot menghukum Persib secara tebang pilih, PSSI telah mencederai publik sepak bola Bandung," tambahnya.

Selasa lalu, Komisi Disiplin PSSI menjatuhkan sanksi kepada delapan klub yang membangkang ke Indonesia Super League (ISL). Sanksi yang lebih berat dijatuhkan ke Persib karena menyeberang dari Indonesian Premier League (IPL) ke ISL padahal sudah mulai ikut di laga awal serta disebut sudah menerima revenue sharing.

Selain didenda Rp 1 miliar, Persib didiskualifikasi dari IPL dan juga dipaksa turun ke Divisi Utama untuk musim mendatang. Mereka juga dilarang melakukan kegiatan transfer musim depan.

Egan menilai sanksi ini tidak adil dan sarat akan unsur politis. Oleh karena itu, Bobotoh Peduli Persib dan PSSI mendorong digelarnya segera Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menyelamatkan PSSI.



EditorCaroline Damanik

Close Ads X