Gervinho Diusir, Arsenal Seri dengan Newcastle

Kompas.com - 14/08/2011, 01:11 WIB
EditorTjatur Wiharyo

NEWCASTLE, KOMPAS.com Tampil dengan sepuluh pemain sejak menit ke-75, Arsenal bermain imbang 0-0 dengan Newcastle United pada pertandingan perdana Premier League, Sabtu (13/8/2011).  

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, tidak memasukkan nama Cesc Fabregas dan Samir Nasri ke dalam skuadnya pada pertandingan perdana Premier League musim ini. Wenger lebih memilih memainkan Andrei Arshavin untuk mengisi posisi Nasri.

Meski begitu, Arsenal tetap solid. Mereka terlihat mendominasi permainan sejak menit-menit awal. Selama 15 menit pertama, serangan "The Gunners" lebih banyak melalui Gervinho yang beroperasi di sayap kanan. Namun, penyerang anyar yang didatangkan dari Lille pada bursa transfer musim panas ini belum terlihat padu dengan Robin van Persie dan kawan-kawan. Gervinho sering kali melakukan kesalahan dalam melepaskan umpan.

Meskipun demikian, Arsenal beberapa kali dibuat kelabakan dengan serangan balik yang dibangun oleh tim tuan rumah. Namun, pertahanan Arsenal yang digalang Thomas Vermaelen dan kawan-kawan cukup sigap untuk meredam serangan lawan.  

Arsenal sempat memiliki peluang emas lewat aksi Van Persie pada menit ke-43. Saat itu, Rosicky melepaskan umpan terobosan kepada Van Persie. Namun, Van Persie gagal memaksimalkan peluang tersebut setelah salah satu bek Newcastle berhasil mencuri bola dari kaki penyerang asal Belanda itu. Peluang tersebut merupakan peluang terakhir Arsenal. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Selepas turun minum, Arsenal masih tampil ngotot. "The Gunners" terus melancarkan ancaman ke jantung pertahanan lawan.

Wenger pun lebih memilih melakukan sedikit perubahan di awal babak kedua. Pelatih asal Perancis itu memasukkan Theo Walcott untuk menggantikan Arshavin pada menit ke-59.

Masuknya Walcott membuat serangan Arsenal semakin berbahaya. Bahkan gelandang Arsenal itu nyaris membobol gawang Newcastle pada menit ke-62. Dari sektor kiri, Walcott melakukan penetrasi dan kemudian melepaskan tembakan keras. Sayang, tembakan Walcott masih mampu diantisipasi oleh kiper Newcastle, Tim Krul.

Selain Walcott, Gervinho memiliki mobilitas yang tinggi pada pertandingan ini. Akan tetapi, Penyerang Pantai Gading itu harus mendapatkan kartu merah setelah berselisih dengan Barton pada menit ke-73. Insiden itu bermula ketika Gervinho terjauh di kotak penalti Newcastle. Tindakan Gervinho itu ternyata membuat Barton emosi.

Dengan kasar, Barton terlihat menarik kaus Gervinho. Gervinho terpancing emosi. Penyerang asal Pantai Gading itu menampar pipi kiri Barton. Atas tindakannya tersebut, Gervinho diganjar kartu merah. Sementara Barton hanya mendapatkan kartu kuning.   

Tanpa Gervinho, Arsenal tampak menguasai permainan di waktu yang tersisa. Namun, Arsenal gagal mengonversi setiap peluang yang tercipta menjadi gol. Alhasil, kedua tim bermain imbang tanpa gol hingga laga usai.    

Susunan Pemain
Newcastle United:
Tim Krul; Fabricio Coloccini, Steven Taylor, Ryan Taylor, Danny Simpson; Ismael Cheik Tiote, Yohan Cabaye, Jonas Gutierrez, Joey Barton; Shola Ameobi (Leon Best 70), Demba Ba

Arsenal: Wojciech Szczsny; Thomas Vermaelen, Laurent Koscielny, Kieran Gibbs, Bacary Sagna; Alex Song, Tomas Rosicky, Andrei Arshavin (Walcott 59), Gervinho; Robin Van Persie, Aaron Ramsey

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X