Persisam ke Super Liga Indonesia

Kompas.com - 26/05/2009, 18:12 WIB
Editor

SAMARINDA, KOMPAS.com - Persisam Putra Samarinda menembus final Divisi Utama Liga Indonesia sekaligus lolos ke Super Liga Indonesia dengan mengandaskan PSPS Pekanbaru 3-1 (1-0) di Stadion Segiri, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (26/5).

Aldo Bareto membuka kemenangan "Elang Borneo" di partai semifinal itu dengan gol pada menit ke-39. Gol diciptakan penyerang asal Paraguay itu dengan mengecoh barisan belakang PSPS, Rifki Firdaus dan Dedi Gusmawan serta penjaga gawang Fance Hariyanto.

Aldo kembali mencetak gol pada menit ke-51 lewat tandukan kepala yang memanfaatkan umpan sepak pojok Uston Nawawi. Bekas penyerang tim nasional Kurniawan Dwi Yulianto melengkapi kemenangan Persisam dengan gol pada menit ke-64.

Gol hiburan PSPS tercipta pada menit ke-69 oleh Dzemafo E Hermain, kapten tim, dari titik penalti. Penalti diberikan karena Dzemafo dijatuhkan pemain belakang Persisam Kasiadi di kotak penalti.

Persisam sebenarnya bisa menambah gol tetapi tendangan penalti J Ortiz pada menit ke-37 masih melambung di atas gawang PSPS.

"Saya belum puas kalau belum kasih Persisam juara Divisi Utama," kata Aldo yang berstatus pemain pinjaman dari PSM Makassar, usai laga.

Manajer Persisam Aidil Fitri mengatakan, dengan lolos ke SLI, tim akan membeli sejumlah pemain baru. Yang dilirik yakni Ronald Fagundez, Hamka Hamzah, dan Saktiawan Sinaga. "Agar dapat berkompetisi dengan baik di SLI, keuangan tim harus sehat dan saya perkirakan kami memerlukan sekitar Rp 40 miliar," kata Anggota DPRD Samarinda terpilih ini.

Aidil mengatakan, bila Persisam juara, maka Rp 500 juta atau separuh dari hadiah Divisi Utama akan menjadi milik empat belas pemain inti. "Selama kompetisi, tim sudah menghabiskan Rp 1,5 miliar untuk bonus pemain," katanya.

Manajer PSPS Dastrayani mengakui penampilan timnya kalah kualitas daripada Persisam. "Namun, kami tetap ingin lolos ke SLI dengan memenangi urutan ketiga," katanya.

Pelatih PSPS HAR Gurning mengatakan, pertandingan berjalan baik. Kepemimpinan wasit adil. Persisam memang pantas menang. "Kami akan habis-habisan untuk meraih tiket ke SLI setidaknya menjadi urutan ketiga," katanya.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.