Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Permutasi Grup E Euro 2024, Semua Tim Punya Kans Lolos 16 Besar

KOMPAS.com - Empat tim di Grup E Euro 2024 menjalani laga penentuan untuk mengamankan tempat di babak 16 besar, yakni Rumania, Belgia, Slovakia, dan Ukraina. 

Laga Slovakia vs Rumania berlangsung di Frankfurt Arena, sedangkan duel Ukraina vs Belgia bakal digelar di Stuttgart Arena.

Kedua pertandingan akan dimainkan pada Rabu (26/6/2024) pukul 23.00 WIB. Rumania, Belgia, Slovakia, dan Ukraina berurutan menghuni peringkat 1-4 klasemen Grup E. 

Keempat tim tersebut hanya dibedakan oleh selisih gol dan semuanya masih punya peluang lolos ke babak 16 besar Euro 2024. 

Dilansir dari UEFA, Rumania dan Belgia hanya butuh menghindari kekalahan alias hasil imbang pun cukup bagi mereka untuk mengunci 16 besar tanpa perlu bergantung dengan hasil lain. 

Sementara, Slovakia dan Ukraina wajib meraih kemenangan agar nasib mereka tak ditentukan hasil pertandingan lainnya. 

Berikut permutasi Grup E Euro 2024 untuk lolos ke babak 16 besar, dikutip dari laman UEFA:

Jika laga Slovakia vs Rumania dan Ukraina vs Belgia berakhir imbang, keempat tim akan finis dengan empat poin. Kriteria yang berlaku untuk menentukan posisi akhir adalah sebagai berikut: 

  • Jika kedua hasil imbang punya skor yang sama atau Belgia vs Ukraina seri dengan jumlah gol yang lebih sedikit dari Slovakia vs Rumania, peringkat grup menjadi Rumania (1), Belgia (2), Slovakia (3), dan Ukraina (4), berdasarkan selisih gol dan jumlah gol yang dicetak. 
  • Apabila kedua hasil seri memiliki skor yang berbeda, ketentuan untuk menentukan peringkat grup yaitu:

    1. Jika Belgia vs Ukraina tuntas 1-1 dan Slovakia vs Rumania 0-0, atau Belgia mencetak satu gol lebih banyak dari Rumania, Belgia dan Rumania akan menempati dua posisi teratas dan  selisih gol dan jumlah gol yang dicetak sama. 

    2. Kriteria selanjutnya yaitu head-to-head yang berarti Belgia unggul karena mengalahkan Rumania pada matchday kedua Grup E. Slovakia akan berada di peringkat ketiga dan Ukraina menempati urutan keempat berdasarkan selisih gol. 

    3.Skenario lainnya, Rumania dan Belgia menempati dua tempat teratas dibagi berdasarkan jumlah gol yang dicetak. Belgia akan menjadi juara grup jika kedua laga berakhir imbang dan mencetak gol lebih banyak dari Rumania. 

    4. Rumania akan menjadi juara grup apabila kedua laga Grup E imbang dan mencetak gol lebih banyak dari Belgia. Sementara, Slovakia finis di peringkat ketiga di atas Ukraina berdasarkan selisih gol. 

https://bola.kompas.com/read/2024/06/26/20121828/permutasi-grup-e-euro-2024-semua-tim-punya-kans-lolos-16-besar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke