Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fakta Menarik Indonesia Bekuk Australia, Mental dan Ernando Pembeda

KOMPAS.com – Timnas U23 Indonesia berhasil meraih kemenangan pada laga kedua Grup A Piala Asia U23 2024 setelah mengalahkan Australia dengan skor 1-0 di Stadion Abdullah bin Nasser, Qatar, Kamis (18/4/2024) malam WIB.

Gol tunggal kemenangan timnas U23 Indonesia dicetak Komang Teguh pada menit ke-45. Kemenangan ini membuat skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong itu berpeluang melaju ke babak berikutnya.

Berikut ini 5 fakta setelah timnas U23 Indonesia mengalahkan Australia yang dirangkum Kompas.com:

1. Kemenangan Perdana Timnas U23 Indonesia pada Piala Asia U23 2024

Kemenangan atas Australia menjadi kemenangan perdana bagi Indonesia pada kali pertama berpartisipasi di Piala Asia U23.

Kerja keras Marselino Ferdinan dkk juga patut mendapat apresiasi karena lawan yang dihadapi adalah raksasa Asia, Australia. Di laga berikutnya, timnas U23 Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke babak 8 besar.

2. Cleansheet Pertama Timnas U23 Indonesia

Tidak hanya mengukir kemenangan perdana, kemenangan atas Australia juga menjadi cleansheet perdana bagi timnas U23 Indonesia di ajang Piala Asia U23 2024 ini.

Penampilan apik ini seolah menjadi penebusan atas kekalahan di laga perdana melawan Qatar dengan skor 2-0.

Penampilan penjaga gawang Ernando Ari Sutaryadi juga mendapat banyak pujian dari berbagai pihak. Dia berhasil menghalau serangan lawan, termasuk menggagalkan eksekusi penalti pemain Australia.

3. Gol Debut Komang Teguh di Ajang Piala Asia U23

Tak hanya piawai dalam menjaga lini pertahanan timnas U23 Indonesia, Komang Teguh keluar menjadi sosok pembeda di laga melawan Australia.

Golnya pada menit ke-45 mempersembahkan kemenangan perdana bagi Indonesia U23 di Piala Asia U23 2024 ini.

Selain itu, golnya juga membuka asa timnas Indonesia lolos ke babak berikutnya dan melangkah lebih jauh untuk mewujudkan ambisi Shin Tae-yong membawa timnas setidaknya lolos sampai semifinal.

4. Faktor Mental Jadi Pembeda bagi Shin Tae-yong

Memenangi pertandingan dengan menghadapi lawan tangguh, Australia, yang notabene menjadi salah satu raksasa sepak bola Asia, Shin Tae-yong menyebut faktor mentalitas menjadi pembeda dari kemenangan yang didapat tim.

"Namun, saya menekankan kepada pemain untuk tidak boleh menyerah dan tetap percaya diri, juga mental yang kuat," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

5. Pembuktian Kualitas Ernando Ari

Laga melawan Australia pada Piala Asia U23 2024 ini seakan mempertegas kelayakan sosok Ernando Ari sebagai penjaga gawang nomor satu di Indonesia.

Ia berhasil menepis tendangan penalti pemain Australia dan menjaga gawang timnas U23 Indonesia tetap steril hingga akhir laga.

Keberhasilan menepis penalti sekaligus menghalau tendangan penalti merupakan salah satu kepiawaiannya. Sebab, di beberapa kali pertandingan baik bersama timnas Indonesia maupun klubnya Persebaya Surabaya, ia sukses menghalau sepakan penalti lawan.

https://bola.kompas.com/read/2024/04/19/13450028/5-fakta-menarik-indonesia-bekuk-australia-mental-dan-ernando-pembeda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke