Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Analisis Sebab Persib Jebol 20 Menit Akhir, Bukan Fisik

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung dan kontestan Liga 1 2023-2024 lainnya sempat mengalami jeda selama satu bulan lebih dari Desember-Januari. 

Situasi itu membuat pemain mengalami penurunan level kondisi fisik. 

Saat Persib kembali bertanding 4 Februari pada pekan ke-24, mereka mengalami hasil kurang memuaskan, yakni ditahan imbang Persis Solo di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). 

Persib kebobolan dua gol di 20 menit akhir. Hal itu membuat kemenangan di depan mata sirna. Padahal, Maung Bandung sempat unggul 2-0 sebelum disamakan 2-2. 

Pelatih Persib Bojan Hodak menilai kebobolan timnya bukan sebab kondisi fisik pemain yang mumpuni. 

Ia punya analisis jika dua gol kebobolan tim sebab kesalahan pemainnya yang tak menjalankan taktik sesuai instruksinya, terutama setelah 70 menit laga. 

"Tidak ada pengaruh dari fisik karena bisa dilihat kami mendominasi. Namun, secara taktik, kami benar-benar melakukan kesalahan buruk," ucap Hodak. 

"Gol pertama, bisa dilihat ada tiga sampai empat pemain melakukan kesalahan, kesalahan taktik, dan ini hal yang seharusnya tidak terjadi," katanya. 

Pelatih kelahiran 4 Mei 1971 ini menilai timnya bisa saja membuat kill the game lewat gol ketiga dan keempat saat masih unggul 2-0 dari Persis Solo, tetapi itu tak terjadi. 

Ia menegaskan tak ada masalah dengan fisik pemainnya karena mampu mendominasi sepanjang 90 menit pertandingan. 

"Ketika unggul 2-0, kami mempunyai peluang dan jika bisa mencetak gol ketiga, kami bisa menang empat atau lima gol," ucap Hodak. 

"Jadi, tidak ada masalah dengan fisik karena kami bermain dengan bagus selama 90 menit," katanya. 

Analisisnya, kebobolan dua gol pada 20 menit akhir karena kesalahan teknis yang dibuat pemain-pemainnya, ia tak ingin situasi itu terulang. 

"Namun, itu karena ada kesalahan teknis. Gol kedua juga ada kesalahan teknis, Edo menerima bola, tetapi bolanya menjauh lima meter darinya dan lawan merebut bola," ucap pelatih berlisensi UEFA Pro ini. 

Pada jeda kompetisi Februari selama dua pekan lebih, Persib punya waktu panjang untuk mengevaluasi tim jelang laga lanjutan pekan ke-25. 

Persib dijadwalkan menghadapi Barito Putera pada 23 Februari 2024. Rencananya laga akan digelar di Stadion Sultan Agung Bantul. 

https://bola.kompas.com/read/2024/02/11/11400098/analisis-sebab-persib-jebol-20-menit-akhir-bukan-fisik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke