Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bayern Muenchen Juara Bundesliga: Angkat Trofi Palsu, Dihujani Siulan

Bayern Muenchen secara dramatis memastikan diri sebagai juara Bundesliga 2022-2023 usai menang 2-1 di kandang Fc Koln, Stadion RheinEnergie, Sabtu (27/5/2023).

Gol kemenangan Bayern disumbangkan oleh Kingsley Coman (9’) dan Jamal Musiala (89’). Tuan rumah Koeln sempat membuat jantung personel Bayern berdebar saat menyamakan kedudukan via penalti Dejan Ljubicic (81’).

Bayern pun ditahbiskan sebagai juara Bundesliga 2022-2023 sebab rival langsung mereka, Borussia Dortmund hanya bermain imbang 2-2 saat menjamu Mainz.

Bayern dan Dortmund sama-sama mengakhiri musim dengan raihan 71 angka. Titel juara Liga Jerman 2022-2023 menjadi milik Bayern seiring keunggulan mereka dalam aspek selisih gol.

Selisih gol Bayern adalah +54, sementara Dortmund +39.

Bayern pun bisa menggelar pesta di rumah Koln setelah memastikan rekor impresif, yakni menjadi juara Bundesliga dalam 11 musim beruntun.

Manuel Neuer, kapten Bayern yang tak bermain karena masih cedera, berkesempatan mengangkat Bundesliga Meisterschale alias trofi juara Liga Jerman yang berbentuk piringan.

Usut punya usut, ternyata itu adalah trofi palsu. Media Jerman, Bild, menyebut trofi Bundesliga yang asli ada di Signal Iduna Park, kandang Dortmund.

Wajar jika DFL, operator Bundesliga, membawa trofi juara ke kandang Borussia Dortmund.

Situasi jelang pekan ke-34, alias pekan pamungkas Bundesliga, tampak mendukung Dortmund untuk mengakhiri musim sebagai juara.

Menuju pekan ke-34, Dortmund memuncaki klasemen dengan 70 poin, unggul dua angka dari sang rival langsung, Bayern yang menduduki posisi dua.

Akan tetapi, nasib tragis dialami Dortmund. Mereka hanya mampu meraih hasil imbang 2-2 saat menjamu Mainz sehingga gelar juara pun melayang ke pelukan Bayern.

Kekecewaan Dortmund juga dirasakan oleh pendukung FC Koln, lawan Bayern pada pekan terakhir Bundesliga 2022-2023. Seperti diketahui, fan Dortmund dan Koln memiliki relasi erat.

Itulah kenapa ketika personel Bayern angat trofi replika Bundesliga dan melakukan selebrasi, siulan nyaring terdengar di Stadion RheinEnergie.

https://bola.kompas.com/read/2023/05/28/05200098/bayern-muenchen-juara-bundesliga-angkat-trofi-palsu-dihujani-siulan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke