Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekonstruksi Tragedi Kanjuruhan Digelar di Mapolda Jatim dengan Tiga Tersangka

KOMPAS.com - Rekonstruksi tragedi Kanjuruhan digelar penyidik Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Jatim bersama Bareskrim Polri selaku tim penyidik TGIPF di Lapangan Sepak Bola Mapolda Jatim, Rabu (19/10/2022) siang.

"Ini dalam rangka menindaklanjuti rekomendasi dari TGIPF kepada Polri untuk melakukan rekonstruksi. TUjuannya ialah untuk lebih memperjelas kondisi dan fakta yang ada di lapangan," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

"Rekonstruksi ini akan membantu tim kejaksaan di dalam proses persidangan peradilan," ujarnya.

Dalam rekonstruksi tersebut, dihadirkan tiga tersangka dari pihak keamanan, yakni Kompol Wahyu Setyo selaku Kabag Ops Polres Malang, AKP Has Darmawan selaku Komandan Kompi (Danki) 3 Brimob Polda Jatim, dan AKP Bambang Sidik Achmadi, Kasat Samapta Polres Malang.

Rekonstruksi disaksikan langsung Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Deputi V Bidkor Kamtibmas Kemenpolhukam Irjen Pol Arme Wijaya, serta pihak kejaksaan.

Rekonstruksi ini bertujuan untuk mengidentifikasi mekanisme pengamanan dan pengendalian massa suporter yang diterapkan seusai pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) lalu.

Dihadirkan pula 54 orang saksi maupun peran pengganti dengan total 30 adegan yang dilaksanakan.

"Tujuan dari rekonstruksi hari ini bahwa peran dari tersangka tiga orang tersebut dilihat juga oleh teman-teman jaksa. Apa yang sebelumnya kurang jelas jadi semakin jelas pada rekonstruksi ini," ujar Irjen Pol Arme Wijaya selaku perwakilan TGIPF dari Kemenko Polhukam.

"Teknis kegiatan rekonstruksi ini tentunya dibuatkan berita acara dan dimasukkan dalam berkas nantinya. Kemudian akan diserahkan kepada jaksa peneliti dan jaksa nantinya akan mempelajari berkas perkara yang diberikan penyidik," katanya.

Rekonstruksi ini nantinya akan menjadi pertimbangan jaksa pada saat persidangan nanti. Setiap keterangan yang diberikan bisa memberatkan, tetapi juga meringankan tersangka.

Untuk mendapatkan hasil yang objektif, rencananya pihak penyidik dan TGIPF juga akan menemui pihak keluarga untuk meminta keterangan.

https://bola.kompas.com/read/2022/10/19/18500088/rekonstruksi-tragedi-kanjuruhan-digelar-di-mapolda-jatim-dengan-tiga-tersangka

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke