Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Timnas Indonesia Vs Curacao Batal di JIS, Pakansari dan Patriot Jadi Opsi

KOMPAS.com - FIFA Matchday antara timnas Indonesia dan Curacao batal digelar di Jakarta International Stadium (JIS). Stadion Pakansari dan Stadion Patriot pun jadi opsi pengganti. 

Laga uji coba timnas Indonesia vs Curacao pada FIFA Matchday dijadwalkan berlangsung dua kali, yakni pada 24 dan 27 September 2022. 

Duel pertama timnas Indonesia vs Curacao pada FIFA Matchday akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, sedangkan uji coba kedua semula direncanakan bergulir di JIS. 

Akan tetapi, PSSI hari ini mengumumkan bahwa hanya GBLA yang dipastikan menjadi salah satu venue FIFA Matchday. 

Sementara itu, timnas Indonesia dan Curacao batal menggunakan JIS pada laga kedua uji coba FIFA Matchday. 

PSSI menjelaskan bahwa JIS belum layak untuk menggelar FIFA Matchday. 

Dikutip dari situs resmi PSSI, infrastruktur JIS mulai dari area parkir, akses jalan menuju stadion, area drop off tim, hingga perimeter tribune masih belum sesuai standar.

Sebagai contoh, area parkir JIS hanya mampu menampung sekitar 800 unit kedaraan roda empat. PSSI menilai hal itu sangat riskan mengingat kapasitas JIS mencapai 80 ribu penonton.

Berdasarkan hasil inspeksi itulah PSSI enggan memaksakan menggelar pertandingan timnas Indonesia vs Curacao di JIS untuk menghindari catatan FIFA.

Faktor lain yang membuat laga timnas Indonesia vs Curacao "terpaksa" dipindah adalah biaya sewa JIS terlampau mahal.

"Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Matchday yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25%-50% - 75%-100% dari perhitungan maximum safety capacity,’’ kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

''Di samping itu terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur. Kalau kita paksakan pasti akan menjadi catatan FIFA,’’ ujar Yunus menambahkan.

Saat ini, PSSI sedang mempersiapkan Stadion Pakansari (Bogor) dan Stadion Patriot (Bekasi) sebagai opsi pengganti JIS untuk menggelar laga timnas Indonesia vs Curacao. 

Terkait laga uji coba tersebut, Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia masih belum merilis daftar pemain yang akan dipanggil.

Di lain sisi, timnas Curacao sudah dipastikan akan memboyong total 40 pemain ke Indonesia. Salah satu pemain timnas Curacao yang akan terbang ke Indonesia adalah mantan penggawa Newcastle United, Vurnon Anita. 

https://bola.kompas.com/read/2022/09/09/16000078/timnas-indonesia-vs-curacao-batal-di-jis-pakansari-dan-patriot-jadi-opsi

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+