Salin Artikel

Hasil Arema FC Vs PSM Makassar: Fortes Antar Singo Edan Petik 3 Poin Terakhir

GIANYAR, KOMPAS.com - Arema FC sukses menumbangkan PSM Makassar dengan skor tipis 1-0 pada laga pekan ke-34 Liga 1 2021-2022.

Laga Arema FC vs PSM Makassar berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Rabu (30/3/2022) malam WIB.

Gol semata wayang penentu kemenangan Arema FC dicetak oleh striker asal Portugal, Carlos Fortes, pada menit ke-85.

Ini adalah kemenangan ke-18 Arema FC asuhan Eduardo Almeida di Liga 1 2021-2022.

Kemenangan atas PSM Makassar mengangkat posisi Arema FC ke peringkat keempat klasemen Liga 1 dengan koleksi 65 poin.

Namun, posisi Arema FC di klasemen akhir nanti masih bisa turun karena mereka hanya unggul dua angka atas Persebaya Surabaya yang belum memainkan laga pekan ke-34.

Jika Persebaya Surabaya berhasil meraih kemenangan pada laga pekan ke-34, Arema FC dipastikan akan finis di peringkat kelima klasemen akhir Liga 1 2021-2022.

Adapun kekalahan dari Arema FC membuat PSM Makassar kini tertahan di urutan ke-13 klasemen dengan koleksi 38 poin.

Jalannya Pertandingan Arema FC VS PSM Makassar:

Sepanjang babak pertama, Arema FC asuhan Eduardo Almeida tampil mendominasi dengan persentase penguasaan bola mencapai 71 persen.

Arema FC juga tercatat sudah melepaskan total tujuh tembakan ke arah gawang. Namun, Arema FC masih belum berhasil mencetak gol.

Peluang terbaik Arema FC di babak pertama terjadi pada menit ke-28 ketika umpan lambung Bagas Adi Nugroho membentur mistar.

Adapun striker Arema FC, Carlos Fortes, kesulitan mendapatkan peluang atau ruang gerak sepanjang babak pertama.

Striker asal Portugal itu selalu dikepung oleh dua sampai tiga pemain PSM ketika menguasai bola.

Ketatnya penjagaan pemain PSM membuat Fortes hanya mampu melepaskan dua tembakan, itu pun tidak tepat sasaran.

Di sisi lain, PSM Makassar yang mengandalkan serangan balik hanya mampu melepaskan empa tembakan ke arah gawang sepanjang babak pertama.

Berlanjut ke babak kedua, Eduardo Almeida langsung melakukan dua perubahan dengan menarik keluar Jayus Hariono dan Ryan Kurnia.

Kedua pemain itu digantikan oleh Hanif Sjahbandi dan Ridwan Tawainella. Keputusan Eduardo Almeida itu tidak mengubah formasi bermain Arema FC, yakni 4-2-3-1.

Di lain sisi, pelatih PSM, Joop Gall, masih mempertahankan komposisi pemainnya.

Berbeda dari babak pertama, PSM kali ini mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu. PSM langsung mengancam pada menit ke-53 lewat tendangan keras jarak jauh Prince Kallon.

Namun, upaya Prince Kallon itu masih belum menghasilkan gol karena tendangannya mengarah tepat ke kiper Arema FC, Adilson Maringa.

Memasuki menit ke-60, Arema FC secara perlahan mulai berhasil kembali mengendalikan permainan.

Pakem serangan Arema FC tidak banyak berubah dari babak pertama. Arema FC masih menyerang lewat sisi sayap dan mencoba membuat garis pertahanan PSM melebar lewat pergerakan tanpa bola para gelandang serang merek atau Carlos Fortes.

Meski cukup sering berhasil menembus sepertiga pertahanan PSM, Arema FC masih belum mampu mencetak gol hingga menit ke-70 karena buruknya final pass para pemain.

Tepat pada menit ke-72, Adilson Maringa melakukan penyelamatan gemilang ketika menepis tendangan jarak dekat Yakob Sayuri.

Yakob Sayuri mendapatkan peluang emas itu setelah lolos dari jebakan offside ketika menerima umpan terobosan dari Rasyid Bakri.

Tiga menit berselang, giliran kiper PSM, Syaiful Syamsuddin, yang melakukan penyelamatan penting dengan menepis tendangan voli Carlos Fortes dari dalam kotak penalti.

Arema FC yang terus menggempur pertahanan PSM akhirnya berhasil unggul berkat gol Carlos Fortes pada menit ke-45.

Menerima umpan sepak pojok Sandi Sute, Carlos Fortes yang berdiri di tiang jauh sisi kanan gawang PSM berhasil menggetarkan jala gawang PSM dengan tembakan kaki kiri.

Carlos Fortes dengan mudah membelokkan bola setelah lolos dari kawalan Erwin Gutawa.

Itu adalah gol ke-20 Carlos Fortes untuk Arema FC musim ini.

Tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Arema FC bertahan hingga akhir laga.

Susunan Pemain Arema FC Vs PSM Makassar:

Arema FC (4-2-3-1): 90-Adilson Maringa; 87-John Alfarizie, 5-Bagas Adi, 4-Sergio Silva, 12-Rizky Dwi (13-Tito Hamzah 75'); 8-Renshi Yamaguchi (29-Sandi Sute 66'), 14-Jayus Hariono (19-Hanif 46'); 27-Dedik Setiawan (10-M. Rafli 66'), 41-Dendi Santoso, 7-Ryan Kurnia (16-Ridwan T. 46'); 9-Carlos Fortes

  • Cadangan: 15-Fabiano Beltrame, 6-Ikhfanul Alam, 29-Sandi Sute, 19-Hanif Sjahbandi, 13-Hamzah Tito, 16-Ridwan Tawainela, 10-Muhammad Rafli, 31-Andriyas Francisco, 77-Genta Alparedo, 26-Achmad Figo Ramadani
  • Pelatih: Eduardo Almeida

PSM Makassar (4-3-3): 51-Syaiful Syamsuddin; 3-Zulkifli, 15-Hasim Kipuw, 5-Erwin Gutawa, 7-Abdul Rachman; 16-Manda Cingi (68-Delfin Rumbino 71'), 48-M. Arfan, 17-Rasyid Bakri; 98-Prince Kallon (22-Yakob Sayuri 62'), 23-Prisca Womsiwor (24-Rizky Eka 62'), 6-Ferdinan Sinaga (99-Saldi Amiruddin 71')

  • Cadangan: 99-Saldi Amiruddin, 30-Ilham Udin, 37-Aditya Putra, 24-Rizky Eka, 69-Delfin Rumbino, 33-Dallen Ramadhan, 20-Reza Arya, 83-Julyano Pratama, 26-Ganjar Mukti, 22-Yakob Sayuri
  • Pelatih: Joop Gall

https://bola.kompas.com/read/2022/03/30/20085688/hasil-arema-fc-vs-psm-makassar-fortes-antar-singo-edan-petik-3-poin-terakhir

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.