Salin Artikel

Timnas Indonesia Vs Afghanistan, Menanti Racikan Shin Tae-yong

Duel timnas Indonesia vs Afghanistan akan dihelat secara tertutup di Jabel Ali Sports Center and Shooting Club, Dubai, Uni Emirat Arab, pada Selasa (25/5/2021) pukul 21.30 WIB.

Laga melawan Afghanistan akan menjadi kesempatan pertama Shin Tae-yong menunjukkan hasil kerjanya setelah ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia senior sejak Desember 2019.

Sebelumnya, Shin Tae-yong lebih sering menangani timnas Indonesia kelompok umur, yakni U19 dan U22 atau U23.

Bersama timnas muda Indonesia, Shin Tae-yong lebih sering menerapkan skema 4-4-2 sejejar di lini tengah.

Skema itu kemungkinan besar juga akan diterapkan Shin Tae-yong pada laga uji coba timnas Indonesia vs Afghanistan malam nanti.

Di sektor penjaga gawang, Shin Tae-yong diprediksi akan menurunkan kiper Bali United berusia 24 tahun, Nadeo Argawinata.

Sebab, Nadeo Argawinata secara pengalaman jauh lebih unggul dibandingkan dua kiper timnas Indonesia lainnya, yakni M Adi Satriyo (20) dan Aqil Savik (22).

Di lini belakang, Shin Tae-yong kemungkinan besar akan menurunkan duo Ryuji Utomo dan Andy Setyo sebagai bek tengah.

Adapun Prtama Arhan dan Asnawi Mangkualam diprediksi menjadi pilihan utama Shin Tae-yong untuk mengisi sektor bek sayap.

Beralih ke lini tengah, Shin Tae-yong memiliki stok gelandang yang cukup melimpah, seperti Kadek Agung, Genta Alparedo, Ady Setiawan, Evan Dimas Darmono, Syahrian Abimanyu, hingga Adam Alis.

Dari lima pemain itu, Adam Alis menjadi sosok yang paling berpeluang diturunkan sejak awal oleh Shin Tae-yong.

Hal itu tidak lepas dari penampilan memukau Adam Alis saat memperkuat timnas U23 Indonesia pada laga uji coba melawan Bali United dan Tira Persikabo awal Maret lalu.

Jika diturunkan sejak awal, Adam Alis kemungkinan besar akan bertandem dengan Evan Dimas Darmono atau Ady Setiawan.

Adam Alis dengan karakter ngotot yang menjadi ciri khasnya juga bisa dimainkan Shin Tae-yong di sisi sayap.

Namun, peluang itu terbilang kecil karena timnas Indonesia kali ini memiliki banyak winger cepat seperti Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Yakob Sayuri, hingga Osvaldo Haay.

Dari empat pemain itu, Osvaldo Haay dan Egy Maulana Vikri berpeluang tampil sebagai starter karena sudah terbiasa bermain bersama.

Adapun Yakob Sayuri juga bisa menjadi pilihan tepat untuk Shin Tae-yong.

Bintang muda PSM Makassar itu saat ini sedang on fire setelah mencetak dua gol dan sepasang assist pada ajang Piala Menpora 2021.

Di lini depan, komposisi terbaik timnas Indonesia saat ini adalah duo striker milik Arema FC, yakni Kushedya Hari Yudo dan Muhammad Rafli.

Kedua pemain itu selalu diandalkan Shin Tae-yong pada laga uji coba melawan Bali United dan Tira Persikabo dengan masing-masing mencetak satu gol.

Adapun jika Shin Tae-yong ingin mengandalkan bola atas, striker milik PS Sleman, Saddam Emiruddin Gaffar, bisa menjadi pilihan.

Setelah menghadapi Afghanistan, timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong akan kembali melakoni laga uji coba melawan Oman pada Sabtu (29/5/2021).

Dua laga uji coba itu merupakan bagian dari persiapan timnas Indonesia sebelum menghadapi tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G.

Sebelum berangkat ke Dubai, skuad Garuda juga sempat melakukan pemusatan latihan selama dua pekan di Jakarta pada awal Mei 2021.

Adapaun lawan yang akan dihadapi timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G adalah Thailand (3 Juni), Vietnam (7 Juni), dan UEA (11 Juni).

Timnas Indonesia sebenarnya sudah tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia.

Hal itu tidak lepas dari lima kekalahan beruntun yang diderita timnas Indonesia ketika masih dilatih oleh Simon McMenemy.

Namun, timnas Indonesia tetap harus bekerja keras meraih kemenangan pada tiga laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia.

Sebab, tiga laga tersebut akan menentukan nasib timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

https://bola.kompas.com/read/2021/05/25/14403698/timnas-indonesia-vs-afghanistan-menanti-racikan-shin-tae-yong

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.