Salin Artikel

Tingkatkan Fisik, Persib Bandung Terinspirasi Atletico Madrid

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung ingin meniru apa yang dilakukan klub asal Spanyol, Atletico Madrid, dalam meningkatkan kondisi fisik para pemainnya.

Kekuatan fisik para pemain Atletico Madrid memang luar biasa.

Dalam pertandingan, klub berjulukan Los Rojiblancos itu mampu menerapkan pressing tinggi sepanjang 90 menit.

Tidak hanya itu, dalam beberapa tahun terakhir pun, Atletico Madrid jarang dilanda permasalahan cedera pemain, meski mereka melakoni musim yang padat.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengatakan dirinya tengah mencari formula yang tepat untuk bisa meniru apa yang dilakukan Atletico Madrid.

Maklum, pada musim ini Persib akan dihadapkan pada jadwal kompetisi yang padat.

"Kami terus bekerja untuk stabilitas kekuatan fisik pemain dan bagaimana pemain terhindar dari cedera. Contoh yang bagus adalah dari tim di dunia adalah Atletico Madrid," kata Alberts kepada wartawan, di Stadion GBLA, Kamis (3/9/2020).

"Mereka dalam beberapa tahun terakhir jarang punya masalah pemain cedera, ada banyak pemain dari Atletico tetap bugar sepanjang musim meskipun musim yang dilalui sangat berat," kata dia.

Klub berjulukan Maung Bandung itu masih memiliki sisa 31 pertandingan di kompetisi, yang akan dimainkan dari Oktober 2020 hingga Februari 2021.

Artinya, sampai akhir musim nanti, Persib berpotensi memainkan dua sampai tiga laga pada setiap pekannya.

Selain jadwal padat, kebijakan terkait larangan seluruh kontestan Liga 1 2020 menggunakan moda transportasi pesawat saat melakukan perjalanan dalam pertandingan tandang pun berpotensi membuat pemain mengalami kelelahan.

"Yang tidak kalah penting adalah kami harus mulai melakukan pertandingan karena mungkin ini liga paling berat di dunia," kata Alberts.

"Kompetisi dimulai Oktober dan harus melakukan perjalanan sensasional ketika tandang. Jadi kami harus bersiap dengan sangat baik," ucap dia.

Selain aspek fisik, Alberts juga terus mengasah sentuhan bola anak asuhnya. Supardi Nasir dkk terus digembleng dengan program latihan sentuhan bola dan penyelesaian akhir melalui small side games.

Sejauh ini, Alberts cukup puas dengan respons yang ditunjukkan para pemainnya. Sebab, dalam setiap sesi latihan yang dijalani, para pemain Persib terus menunjukkan progres yang memuaskan.

"Mereka terlihat berada di jalur yang benar dan kalian bisa melihat mereka bisa memelihara kondisi di 10 sesi game (small sided games)," tutur Alberts.

"Itu adalah kemajuan besar dari ketika kami memulai latihan. Dengan bermain small sided games, pemain akan mencapai detak jantung maksimal dan itu yang kami lakukan," ucap dia.

https://bola.kompas.com/read/2020/09/03/19200048/tingkatkan-fisik-persib-bandung-terinspirasi-atletico-madrid

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.