Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Naturalisasi Hampir Rampung, Fabiano Prioritaskan Bertahan di Persib

BANDUNG, KOMPAS.com - Proses naturalisasi Fabiano da Rosa Beltrame untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI) segera rampung.

Proses alih kewarganegaraan bek Persib Bandung itu sudah mendapatkan persetujuan dari Komisi III dan X DPR RI.

Saat ini, proses naturalisasi Fabiano tinggal menunggu pengesahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Setelah pengesahan dari Presiden, Fabiano akan segera mengambil sumpah sebagai proses akhir alih kewarganegaraannya.

"Kemarin di Komisi III sudah setuju, begitu juga di Komisi X. Nanti kembali ke Setneg, dan tunggu Presiden tanda tangan," kata Fabiano.

"Sudah sumpah, mungkin akhir bulan ini sudah selesai," kata dia saat ditemui di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (9/11/2019).

Setelah proses naturalisasinya rampung, Fabiano mengaku sudah punya beberapa rencana.

Salah satunya adalah bertahan di Persib pada musim depan. Menurut Fabiano, manajemen Persib juga turut berjasa dalam proses naturalisasinya.

"Tetap di sini, ya, tahun depan keinginan tetap bertahan di Persib karena Persib sampai sekarang luar biasa sekali. Bantu saya sampai proses (naturalisasi) selesai. Saya yakin, mereka juga masih mau saya di sini," kata pemain berdarah Brasil itu.

Selain kepada manajemen Persib, mantan kapten Madura United itu juga mengucapkan terima kasih kepada bobotoh yang selama ini terus mendukungnya selama menjalani proses naturalisasi.

Fabiano tak memungkiri, bobotoh menjadi salah satu alasannya ingin tetap bertahan di Persib.

Menurut dia, bobotoh adalah suporter yang luar biasa, terus mendukung tim dan pemain Persib walau dalam situasi apa pun.

"Terima kasih bobotoh, mereka terus kasih semangat kepada saya, meskipun kemarin masih belum selesai prosesnya, mereka terus kasih saya support," ujar pemain berusia 37 tahun itu

"Saya sangat berterima kasih. Mereka juga banyak yang ingin saya tetap di Persib," kata Fabiano.

Masuk skema

Sementara itu, pelatih Persib, Robert Rene Alberts, turut merasa senang dengan hampir rampungnya proses naturalisasi Fabiano.

Menurut Robert, setelah menunggu selama hampir satu tahun, akhirnya Fabiano akan segera menjadi WNI.

Fabiano sendiri sudah direkrut Persib sejak awal musim 2019. Sayangnya, dia belum bisa memperkuat klub berjulukan Maung Bandung itu lantaran proses naturalisasinya yang belum rampung.

Mantan pemain Persija Jakarta itu sempat akan dipinjamkan ke klub satelit Persib yang bermain di Liga 2, Blitar Bandung United.

Sayangnya, proses peminjaman tersebut urung terlaksana lantaran proses naturalisasi Fabiano yang belum selesai sampai akan bergulirnya Liga 2 2019.

Menjelang berakhirnya putaran pertama Liga 1 2019, sempat ada kabar proses naturalisasi Fabiano akan selesai. Artinya, Fabiano bisa memperkuat Persib pada putaran kedua Liga 1 2019.

Akan tetapi, harapan tinggal harapan, karena sampai batas akhir pendaftaran pemain di putaran kedua, proses pewarganegaraan Fabiano masih tersendat.

Kendati demikian, Fabiano tetap profesional. Dia menghormati kontraknya bersama Persib, walau hanya bisa berpartisipasi dalam sesi latihan.

"Kami tentu senang dengan kabar tersebut (naturalisasi Fabiano). Ini adalah waktu yang sangat lama. Dia sudah kehilangan satu musim karena itu, dan itu adalah hal yang sulit baginya. Apalagi main di laga akan sangat berbeda dari main saat latihan," kata Robert.

Pelatih berkebangsaan Belanda itu mengisyaratkan Fabiano akan masuk dalam skemanya pada musim depan.

Menurut Robert, meski usia Fabiano sudah tidak lagi muda, Persib tetap membutuhkan sosoknya untuk menjadi pemimpin di lini belakang Persib.

"Jadi, saya harap semua bisa bermanfaat bagi Fabiano ke depan dan tentunya dia akan tetap di Persib karena musim depan dia siap untuk main," ucap Robert.

https://bola.kompas.com/read/2019/11/09/17400088/naturalisasi-hampir-rampung-fabiano-prioritaskan-bertahan-di-persib

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke