Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hubungan Rizky dan Mahrez Gambarkan Simpati Inggris pada Korban Palu

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sekitar akhir September 2018, gempa berkekuatan besar mengguncang Palu, Sulawesi Tengah.

Ribuan orang menjadi korban, baik meninggal dunia maupun luka-luka. Salah satunya Muhammad Rizky (13).

Saat gempa menghantam Palu, Rizky sedang berada di sebuah warung internet untuk menonton siaran ulang yang menampilkan laga klub favoritnya, Manchester City.

Warung internet tempatnya menonton kemudian ambruk. Beruntung, tidak seluruh tubuhnya tertimpa reruntuhan.

Pada awal Mei 2019, Rizky dengan ditemani ayahnya diundang datang dan menyaksikan langsung pertandingan Man City vs Leicester City di Stadion Etihad. Ia kembali ke Tanah Air pada Rabu (8/5/2019).

Uniknya, pengalaman hidup yang dialami Rizky membuat Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste, Moazzam Malik tertarik untuk bertemu. Rizky kemudian datang ke kantor Moazzam di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

"Saya dengar cerita tentang mas Rizky dan jadi sangat berminat untuk bertemu dia setelah balik dari Inggris.Rizky dan banyak orang Indonesia adalah pecinta klub sepak bola Inggris," kata Moazzam.

Menurut Moazzam, hubungan interaksi antara Rizky dan Mahrez membuktikan bahwa sepak bola adalah salah satu kegiatan yang bisa menyatukan seluruh bangsa di dunia.

Moazzam menilai perasaan yang dialami Mahrez setelah melibat Rizky, menggambarkan perasaan warga Inggris secara keseluruhan atas bencana yang terjadi di Ibu Kota Sulawesi Tengah itu.

"Cerita Rizky saat dia menderita akibat bencana alam, ada pesan inspirasi dari Riyad Mahrez, dan ada ratusan bahkan ribuan yang merasa sedih saat melihat bencana alam di Palu," ujar Moazzam.

Secara kebetulan, Indonesia dan Inggris baru saja merayakan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Menurut Moazzam, di usia hubungan diplomatik yang ke-70 tahun ini, sudah seharusnya kerja sama yang terbangun tak cuma sebatas antar sesama kalangan pemerintah, sesama pebisnis, atau antar sesama peneliti, tapi juga sesama warga negara.

"Saya kira kejadian seperti ini menjadi pengingat bagi kita semua bahwa di dunia yang saling terkait kita harus saling memperhatikan apa yang terjadi di suatu tempat. Perasaan Riyad Mahrez ke Rizky adalah contoh bagaimana perasaan yang dialami orang-orang di Inggris atas apa yang terjadi di Indonesia," pungkas Moazzam.

https://bola.kompas.com/read/2019/05/09/16400088/hubungan-rizky-dan-mahrez-gambarkan-simpati-inggris-pada-korban-palu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke