Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alfred Riedl Bertekad Bawa Timnas Kembali Tembus Final AFF

Kompas.com - 14/06/2016, 03:24 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl, berharap bisa kembali mengantarkan Indonesia menembus babak final Piala AFF 2016, seperti dilakukannya enam tahun lalu. 

Saat pertandingan Persegres Gresik United kontra Sriwijaya FC di Stadion Petrokimia, Minggu (12/6/2016) malam WIB, seempat terlihat Riedl di antara penonton di tribune VVIP. Namun, dia lantas meninggalkan stadion sebelum pertandingan berakhir. 

Sebelum pergi meninggalkan stadion, Riedl sempat berbicara kepada sejumlah rekan wartawan. Dia mengaku bakal berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi timnas. 

“Saya tahu tugas ini takkan mudah, karena kompetisi di Indonesia sempat vakum setahun. Capaian realistis memang semifinal, tetapi saya sudah bertekad akan coba kembali bawa Indonesia lolos sampai ke final,” tutur Riedl.

Riedl mengaku sudah tahu banyak dari Wolfgang Pikal selaku asistennya siapa saja nama-nama yang pantas memperkuat timnas. Meski demikian, ia masih akan terus melakukan safari ke beberapa pertandingan untuk melihat dan membuktikan secara langsung skill serta kualitas pemain pantauan.

“Sebagian pemain, saya sudah tahu kualitasnya. Sementara sisanya, kini sedang saya pantau. Apalagi, dengar-dengar sejumlah pemain muda Indonesia yang tampil di turnamen ini punya kemampuan cukup menjanjikan,” tuturnya.

Berbekal informasi tersebut dan pantauannya dalam beberapa pertandingan, pelatih berkebangsaan Austria ini berkeyakinan akan dapat memunculkan talenta muda bagus di Piala AFF 2016. Namun, Riedl masih enggan membeberkan secara terperinci.

“Lihat saja nanti. Saya baru lima hari di Indonesia. Kali ini adalah kesempatan ketiga saya melihat langsung pertandingan di turnamen ini. Saya harap, saya dapat banyak masukan dari para pelatih di turnamen ini tentang siapa saja pemain yang layak masuk timnas,” ucap dia.

Sebelum terlihat di pertandingan Persegres kontra Sriwijaya di Gresik, pelatih berusia 66 tahun ini juga sempat terlihat menyaksikan dua pertandingan di Kota Sidoarjo dan Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com