Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Akhiri Dahaga 8 Bulan, Diganjar Bonus Besar, Kans Lewati Garuda

Kompas.com - 07/06/2024, 11:57 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Kemenangan 3-2 Timnas Vietnam atas Filipina bukan hanya menyegel tiga poin berharga tetapi juga membangkitkan semangat para Golden Star Warriors jelang ronde laga terakhir di Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Vietnam berhasil menang 3-2 atas Filipina berkat gol dramatis Pham Tuan Hai di injury time babak kedua pada laga yang bergulir di Stadion Nasional My Dinh, Kamis (6/6/2024) tersebut.

Hasil ini datang beberapa jam setelah Timnas Indonesia terpaksa menelan kekalahan 0-2 kontra Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Alhasil, Timnas Vietnam kini membangkitkan asa untuk lolos melewati Indonesia untuk ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca juga: Hasil Vietnam vs Filipina 3-2: Menang Comeback, The Golden Star Warriors Tempel Garuda

Vietnam kini mempunyai enam poin, hanya satu di belakang Garuda dengan satu laga tersisa.

Tak hanya itu, kemenangan juga mempunyai arti penting bagi moril pasukan Vietnam yang sebelum ini menderita tujuh kekalahan beruntun dalam delapan bulan terakhir.

Pelatih baru Vietnam Kim Sang-sik berhasil mencatatkan kemenangan pada laga debutnya setelah ia menggantikan pelatih Philippe Troussier yang sangat tak populer di hadapan fans Vietnam.

Kemenangan terakhir Vietnam sebelum ini datang pada 17 November 2023 atau 8 bulan silam.

"Hasil ini sangat penting karena Vietnam telah lama tak merasakan kemenangan," ujar kiper Dang van Lam.

Hasil ini mengangkat moril pasukan Vietnam yang merasakan timnya tereliminir untuk kali pertama di fase grup Piala Asia.

Tak hanya itu, mereka juga jadi tim yang paling cepat tersingkir di turnamen setelah kekalahan 0-1 kontra Indonesia di fase grup.

Baca juga: Update Klasemen Grup F: Indonesia Ditempel Vietnam, Usai Menang atas Filipina

Kemudian, skandal menerpa Liga Vietnam dengan beberapa pemain ditangkap atas dugaan pemakaian obat-obatan terlarang dan match fixing.

"Setelah hari-hari kegelapan, kebahagiaan dari sebuah kemenangan akhirnya datang kembali," tulis Bongda24H yang juga menggambarkan kemenangan ini sebagai "doping mental".

"Kemenangan ini adalah penantian para fans sepak bola kami selama setengah tahun lebih."

Berkat hasil tersebut, Timnas Vietnam juga mendapat bonus 800 juta VND atau setara 510 juta rupiah dari VFF (PSSI-nya Vietnam).

Vietnam kini memerlukan hasil yang lebih bagus dari Timnas Indonesia saat mereka bertandang ke Irak pada Selasa (11/6/2024). Garuda sendiri akan menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno beberapa jam sebelum itu.

"Peluangnya 50-50 bagi Indonesia dan Vietnam untuk melanjutkan Kualifikasi Piala Dunia 2026," kata striker Nguyen Tien Linh.

"Filipina mungkin sudah tersingkir, jadi saya pikir dua tim yang tersisa memiliki peluang sama."

Namun, mereka tak akan diperkuat oleh striker Nguyen van Toan yang harus menjalani skorsing setelah mendapat kartu kuning kedua di fase grup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com