Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancelotti Legenda Tak Tertandingi, Jose Mourinho Angkat Topi

Kompas.com - 03/06/2024, 18:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Carlo Ancelotti disebut ultras Milan "legenda tak tertandingi" usai membawa Real Madrid juara Liga Champions 2023-2024. Mourinho juga memberikan penghormatan.

Kisah indah Carlo Ancelotti dengan kompetisi glamor bernama Liga Champions terus berlanjut.

Sang pelatih Italia kelahiran Reggiolo tersebut membawa Real Madrid menjadi kampiun Liga Champions 2023-2024 usai mengalahkan Borussia Dortmund 2-0 dalam laga final di Stadion Wembley, Sabtu (1/6/2024) atau Minggu (2/6/2024) dini hari WIB.

Tak ada pelatih di muka bumi yang mampu menandingi kesuksesan Ancelotti yang sejauh ini telah meraih lima trofi juara Liga Champions 2023-2024.

Baca juga: Real Madrid Malas di Final Liga Champions, Ancelotti Marahi Vinicius

Pelatih yang akrab disapa Carletto itu terhitung mempersembahkan dua trofi Liga Champions buat AC Milan (2003, 2007) dan tiga untuk Real Madrid (2014, 2022, 2024).

Kegemilangan Ancelotti di pentas Liga Champions akan kian nyata jika turut menyertakan catatan kala dirinya masih aktif bermain.

Sebagai pemain, Ancelotti menjadi pilar tim legendaris Milan berjulukan "Gli Immortali"  yang menjuarai Piala Champions 1989 dan 1990.

Artinya, sebagai pelatih dan pemain, Ancelotti telah tujuh kali angkat trofi prestisius berjuluk Si Kuping Besar.

"Seorang juara tanpa saingan. Carlo Ancelotti adalah legenda yang tak tertandingi," demikian bunyi tulisan dalam spanduk yang dibentangkan ultras AC Milan di depan San Siro, tak lama usai Madrid menjuarai Liga Champions 2023-2024.

Baca juga: Luapan Bahagia Ancelotti Bawa Madrid Juara Liga Champions: Mimpi Jadi Nyata

Penghormatan juga diberikan oleh mantan pelatih Roma dan Inter, Jose Mourinho.

Menurut pria beralias The Special One yang kini membesut Fenerbahce itu, Carletto merupakan pelatih yang tak perlu kedok atau gimik untuk mendapatkan pengakuan. 

"Dia bukan pelatih media sosial, dia pelatih sejati," kata Mourinho dikutip Football Italia dari TNT Sports.

"Dia datang dari kepantasannya. Datanglah ke kantornya dan lihat medali-medalinya," ucap Mourinho soal Ancelotti, yang juga memegang rekor sebagai pelatih pertama yang mampu menjuarai lima liga besar Eropa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com