Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U20 Indonesia Latihan Tak Biasa, Digenjot ala Marinir

Kompas.com - 15/05/2024, 19:00 WIB
Ahmad Zilky,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelatih timnas U20 Indonesia, Indra Sjafri, mengungkapkan bahwa Garuda Nusantara menjalani sesi latihan ala marinir.

Timnas U20 Indonesia melakukan proses latihan fisik di Empire Fit, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Rabu (15/5/2024).

Menurut Indra Sjafri, dirinya memang sudah mempunyai keinginan untuk membawa pemain-pemain timnas U20 Indonesia dengan metode latihan gym tak biasa.

Oleh karena itu, Indra Sjafri memiliki program latihan gym timnas U20 Indonesia guna meningkatkan performa di lapangan.

Baca juga: Kolaborasi PSSI dan Como, Timnas U20 Indonesia Akan TC di Fasilitas Klub

“Ini adalah latihan yang kami siapkan, kami sudah sebulan lalu ingin penanganan gym yang tak konvensional seperti biasa,” kata Indra Sjafri kepada awak media termasuk Kompas.com pada Rabu (15/5/2024).

Tak ayal, Indra Sjafri pun memberikan kepercayaan kepada pelatih Empire Fit Club, Elberlino Tiwa, yang memiliki latar belakang marinir Amerika untuk memimpin sesi latihan timnas U20 Indonesia.

“Kami sepakat dengan coach Elber untuk membantu pelatih fisik berkoordinasi dengan dia untuk meningkatkan performa anak-anak,” ujarnya.

“Mungkin beliau dari marinir Amerika yang membawa kepelatihan marinir untuk aplikasikan ke latihan atlet sepak bola dan lainnya.”

Baca juga: Shin Tae-yong Berharap Maarten Paes Bisa Membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday 2024

Elberlino Tiwa lalu menjelaskan, latihan-latihan yang diberikan kepada timnas U20 Indonesia demi mempersiapkan Garuda Nusantara kala beraksi di lapangan.

Pria yang biasa disapa Elber itu memahami bahwa pesepak bola timnas U20 Indonesia membutuhkan kesiapan untuk berlari dan fisik kuat.

“Hari ini adalah soccer training yang fokusnya kepada performa untuk melatih atlet mempersiapkan mereka di lapangan,” kata dia.

“Itu kami tidak tahu kalau sebagai atlet harus siap sprint, sikut-sikutan, jadi kami mau memberikan sesuatu yang beda dari konvensional,” lanjutnya.

Baca juga: Tekad Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Dunia

“Latihan ini fungsional, jadi latihan soccer training, metabolic conditioning, lalu sedikit strength,” ungkapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com