Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Como Promosi ke Serie A, Sukacita Henry, Simbol Bernama Gabrielloni

Kompas.com - 11/05/2024, 17:30 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Thierry Henry tak mau jadi wajah terdepan kesuksesan Como promosi ke Serie A. Sosok seperti Alesandro Gabrielloni tampak lebih pantas jadi simbol.

Como memastikan naik kasta ke Serie A usai menuai hasil imbang 1-1 kala menjamu Cosenza pada pekan ke-28 Serie B 2023-2024 di Stadion Giuseppe Sinigaglia, Jumat (10/5/2024).

Tambahan satu angka memasatikan tim beralias I Lariani (Si Anak Danau) menyegel posisi kedua klasemen Serie B musim ini.

Sepasang tiket otomatis ke Serie A musim depan pun kini sudah bertuan. Como naik kasta bersama Parma yang menjuarai Serie B 2023-2024.

"Perasaan yang luar biasa, namun saya tak ikut bermain jadi semua kredit ada pada pemain, jadi Anda harus pergi dan menanyai mereka," ucap Thierry Henry kepada Sky Sport Italia.

"Saya telah mendukung tim dari jauh dan Anda harus berbicara dengan mereka sebab yang mereka lakukan luar biasa," tutur Henry yang pernah merasakan atmosfer Serie A bersama Juventus.

Baca juga: Como Promosi ke Serie A, Andil Bos Terkaya Indonesia, Dua Juara Dunia

Henry, legenda sepak bola Perancis dan Arsenal, ikut meramaikan atmosfer Giuseppe Sinigaglia. Ia hadir dalam kapasitas sebagai pemegang saham minoritas Como.

Henry disebut punya andil dalam pengangkatan sang pelatih Como, Osian Roberts, untuk mengisi tempat yang ditinggalkan Moreno Longo pada November 2013.

Usai Longo dipecat, Como sempat dipegang oleh Cesc Fabregas. Namun, Fabregas yang belum merampungkan kursus kepelatihan, hanya diperbolehkan mengisi pos pelatih kepala selama sebulan.

Setelah itu, Osian Roberts mengambil alih tugas sebagai peracik taktik Como, didampingi Fabregas yang mengisi pos asisten.

Roberts merupakan instruktur Henry kala mengambil kursus kepelatihan UEFA Pro. Karena itu, Henry pun berani merekomendasikan nama Roberts untuk melatih Como.

Kendati demikian, Henry tak mau sendirian mengambil kredit atas keberhasilan Como menapak ke Serie A. 

"Namun, seperti saya bilang, saya berada di sini sebentar, pergi dan berbicaralah dengan pemain dulu. Saya di sini untuk mendukung klub sebab ini sangat penting," tutur juara Piala Dunia 1998 bersama timnas Perancis itu.

Baca juga: Cesc Fabregas hingga Dennis Wise Rayakan Como 1907 Promosi ke Serie A

Henry tak keliru. Perjuangan pemain patut diapresiasi, salah satunya Patrick Cutrone, bocah lokal yang merupakan pemain tersubur Como musim ini dengan 14 gol.

Nama lain yang bisa menjadi simbol perjalanan Como kembali Serie A adalah Alessandro Gabrielloni.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com