Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Como Promosi ke Serie A, Andil Bos Terkaya Indonesia, Dua Juara Dunia

Kompas.com - 11/05/2024, 15:30 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Como memastikan promosi ke Serie A, sekitar lima tahun usai mendapat sentuhan keluarga terkaya Indonesia. Peran dua juara dunia membuat Como kian memesona.

Tiket promosi ke Serie A musim depan digenggam Como berkat hasil imbang 1-1 dengan Cosenza di Stadion Giuseppe Sinigaglia, Jumat (10/5/2024). 

Tambahan satu poin pada pekan ke-38 Serie B 2023-2024 sudah cukup bagi Como untuk mengamankan kepastian naik kasta ke pucuk tertinggi kompetisi sepak bola Negeri Piza.

"Como proyek paling menarik di sepak bola Italia," tulis media Italia, Rivista Undici.

"Promosi ke Serie A adalah konsekuensi dari pekerjaan yang berjalan di ribuan arah berbeda, ada sepak bola tentunya, namun juga ada wisata, bisnis, dan identifikasi terhadap kawasan unik di dunia," tulis Rivista Undici lagi. 

Como kembali ke Serie A setelah menanti selama 21 tahun. Sinar harapan muncul ketika tim beralias I Lariani (Si Anak Danau) dibeli oleh perusahaan yang berbasis di London, SENT Entertaintment Ltd pada 4 April 2019.

Baca juga: Cesc Fabregas hingga Dennis Wise Rayakan Como 1907 Promosi ke Serie A

Setelah ditelusuri, ternyata konglomerat asal Indonesia, Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono, ada di balik akusisi Como tersebut melalui Grup Djarum.

Dalam rentang hanya lima tahun, Hartono bersaudara mampu membawa Como dari Serie D ke Serie A.

Media olahraga ternama Italia, La Gazzetta dello Sport, pernah merilis artikel pada April 2021, tak lama setelah Como promosi ke Serie B.

Surat kabar berkertas jambon itu menyorot keberhasilan Como merangkak dari Serie D ke Serie B dalam waktu relatif singkat dua tahun, dengan investasi yang terukur.

"Sebab sejak April 2019, ketika melalui perusahaan London, SENT, mereka mengakuisisi Como, tidak ada investasi gila-gilaan di tim," tulis La Gazzetta dello Sport. 

Sebuah hal yang cukup mengejutkan mengingat status Hartono bersaudara sebagai pemilik klub Italia terkaya.

Ya, mereka masuk 100 besar daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. Michael Bambang Hartono (84 tahun) ditaksir memiliki kekayaan sebesar 25,5 miliar dolar AS dan menempati ranking 76 dunia versi Forbes.

Di sisi lain, Robert Budi Hartono (83 tahun) menempati peringkat 71 orang terkaya versi Forbes. Hartanya disebut mencapai 26,5 miliar dolar AS.

Baca juga: Hasil Serie B: Como 1907 Promosi, Jay Idzes dan Venezia Berjuang di Playoff

Harta Hartono bersaudara mengungguli kekayaan para taipan pemilik klub Serie A seperti Gerry Cardinale (AC Milan), Steven Zhang (Inter Milan), maupun Dan Friedkin (AS Roma).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com