Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Irak, Ketika STY Minta AFC Hormati Semua Tim dan Pemain

Kompas.com - 01/05/2024, 19:30 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

KOMPAS.com - Pelatih timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, memberi masukan kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) jelang laga melawan Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024.

Laga Indonesia vs Irak pada perebutan peringkat ketiga Piala Asia U23 2024 akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (2/5/2024) malam WIB.

Menjelang laga tersebut, Shin Tae-yong berharap AFC harus memberi rasa hormat kepada semua tim dan pemain. 

Hal tersebut Shin Tae-yong katakan saat menjalani sesi konferensi pers jelang lawan Irak setelah kalah dari Uzbekistan pada semifinal.

Baca juga: Irak Vs Indonesia, Alasan Shin Tae-yong Fokus Fisik dan Mental Garuda

"Pada masa depan, jika AFC ingin mengembangkan sepak bolanya, harus ada rasa hormat yang mereka berikan, rata kepada semua tim dan pemain," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi jelang laga, Rabu (1/5/2024).

"AFC harus netral kepada semua tim, saling menghormati. Saya melihat lagi video ulang laga beberapa kali dan berdasarkan pengalaman saya menjadi pelatih, intinya saya hanya ingin AFC bisa menghormati semua tim di Asia sehingga tim yang bertanding bisa saling respek juga," ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

STY pun mengatakan bahwa masukannya tersebut dimaksudkan agar AFC semakin berkembang.

"Soal lawan Irak, ini adalah laga perebutan tempat ketiga, semua tim tentu akan melakukan yang terbaik dan saya harap semoga laga ini bisa berjalan bagus," ucapnya.

"Saya tidak memiliki niat untuk psywar ke AFC, termasuk memberi tekanan kepada mereka. Saya ingin mereka berkembang dan semua pemain dan juga level permainan di AFC berkembang, itu yang saya harapkan," tuturnya.

Baca juga: Irak Vs Indonesia, STY Yakin kepada Rafael Struick

"Saya hanya ingin semua saling menghormati saja, pemain dan wasit harus saling menghormati, wasit juga harus menghormati pelatih, begitu juga sebaliknya," ucap Shin Tae-yong.

"Jika itu terjadi, tak akan ada hal buruk yang terjadi dalam sebuah pertandingan," tuturnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com