Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalani 4 Laga Sisa Liga 1, Persija Sulit Lakukan Rotasi

Kompas.com - 12/04/2024, 14:00 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Liga 1 2023-2024 hanya menyisakan 4 laga saja yang akan dilanjutkan mulai Senin (15/4/2024) mendatang.

Sebanyak 18 klub kontestan pun fokus menyiapkan diri di waktu yang mepet ini untuk dapat meraih hasil maksimal.

Guna menempati posisi terbaik di tangga klasemen untuk terhindar dari degradasi musim ini.

Sebelumnya secara mendadak Liga 1 2023-2024 diliburkan untuk mendukung perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia U23 Qatar yang akan berlangsung 15 April-3 Mei 2024.

Situasi tersebut direspons pelatih Persija Jakarta Thomas Doll dengan meliburkan aktivitas sementara waktu untuk rehat sejenak.

Sehingga selama libur tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh elemen tim untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

“Saya meliburkan skuad karena lebih dari empat minggu ke belakang selalu berlatih keras. Jadi ketika Liga 1 diliburkan untuk sementara, saya merasa sudah waktunya para pemain untuk beristirahat,” tutur pelatih asal Jerman itu.

“Lagipula libur ini bagus untuk para pemain, pelatih, dan official. Semua bisa menjernihkan pikiran dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, terutama untuk yang sedang berpuasa,” imbuhnya.

Baca juga: Persija Hanya Libur 1 Hari Saat Lebaran, Tuntutan Jaga Kebugaran

Namun tak disangka secara mendadak PT Liga Indonesia Baru mengumumkan revisi keputusan untuk tetap melanjutkan kompetisi meskipun Timnas Indonesia menjalani Piala Asia U23 2024.

Thomas Doll pun mempercepat latihan pada Senin (8/4/2024) lalu dan hanya memberikan waktu libur Hari Raya selama satu hari kepada pemainnya, Rabu (10/4/2024) kemarin.

Kebijakan yang cukup berat diambil, mengingat lebaran menjadi momen berkumpul bersama keluarga. Namun kepentingan klub membuat seluruh anggota tim harus dalam kondisi siaga.

Selain karena waktu persiapan yang mepet, Persija juga menjadi penyumbang pemain terbanyak ke Timnas Indonesia untuk Piala Asia U23 2024 Qatar.

Totalnya ada lima nama, yaitu Rizki Ridho, Muhammad Ferarri, Dony Tri Pamungkas, Rio Fahmi, dan Rayhan Hannan.

Selain itu tim juga kehilangan Firza Andika yang mendapat kartu merah di laga terakhir melawan Bali United dan Hansamu Yama yang sedang cedera.

Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll saat laga pekan ke-22 Liga 1 2023-2024 melawan Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/12/2023) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll saat laga pekan ke-22 Liga 1 2023-2024 melawan Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/12/2023) sore.

Kini Thomas Doll harap-harap cemas menghadapi laga selanjutnya yang akan berlangsung selama kurang lebih 15 hari.

"Karena kami tidak tahu apa yang terjadi setelah pertandingan selanjutnya," ucap Thomas Doll beberapa waktu lalu.

"Jadi kami tidak bisa melakukan rotasi pemain, kami tidak begitu banyak memiliki pemain. Saya tidak tahu, itu juga tidak mudah," pungkasnya.

Hingga pekan ke-30 Liga 1 2023-2024 tim berjuluk Macan Kemayoran itu tampil inkonsisten. Saat ini tim menempati posisi ke-11 klasemen sementara dengan perolehan 38 poin. Dari 9 kali menang, 11 kali seri dan 10 kali mengalami kekalahan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com