Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semifinal Piala Asia Yordania Vs Korsel, Taegeuk Warriors "Lapar"

Kompas.com - 06/02/2024, 13:30 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Korea Selatan sedang lapar gelar. Karena itu, tim berjulukan Taegeuk Warriors tersebut berupaya mengakhiri rasa lapar tersebut di Piala Asia 2023. 

Hal tersebut disampaikan Juergen Klinsmann. Pelatih asal Jerman tersebut mampu membawa Son Heung-min dan kawan-kawan lolos ke semifinal Piala Asia 2023

Korea Selatan akan melawan Yordania di Stadion Ahmad bin Ali, Qatar, Selasa (6/2/2024) malam nanti.

Korea Selatan yang terakhir kali juara Piala Asia pada 64 tahun lalu atau pada 1960 akan menjamu Yordania setelah mengalahkan Arab Saudi dan Australia di babak 16 besar dan perempat final.

Sedangkan Yordania yang berstatus sebagai tim debutan menyingkirkan Irak dan Tajikistan di babak 16 besar dan perempat final.

"Kami lapar, bugar, menantikan pertandingan ini dan kami ingin berada di sini sampai ke final," kata Jurgen Klinsmann seperti dikutip dari Antara, Selasa siang.

"Saya ingin melakukan yang terbaik untuk Korea dan memberikan tim ini semua pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki," tutur Klinsmann.

Baca juga: Cetak Gol Pertama di Persib, Eks Juventus ini Merasa Kurang Bahagia

Di sisi lain, Klinsmann yang menjuarai Piala Dunia sebagai pemain Jerman belum bisa meyakinkan hati pendukung Korea Selatan.

Hal itu lantaran pasukan yang dikomandoi penyerang Tottenham Son Heung-min itu melaju dengan susah payah ke semifinal.

Baca juga: Yordania usung taktik kolektif untuk meredam kecepatan Korea Selatan

Sebagai salah satu tim unggulan, Korea Selatan hanya menempati posisi kedua pada babak penyisihan grup, di bawah Bahrain yang menempati posisi pertama.

Tim berjuluk Taegeuk Warriors itu bahkan hanya imbang 2-2 saat melawan Yordania dan 3-3 versus Malaysia di fase grup.

Pada babak 16 besar, Korea Selatan memerlukan babak adu penalti untuk menyingkirkan Arab Saudi setelah imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu.

Mereka mengamankan tiket ke semifinal setelah memulangkan Australia dengan skor 2-1 pada babak perempatfinal melalui gol yang dicetak Son Heung-min pada menit 104 di babak perpanjangan waktu.

Kendati demikian, Korea Selatan tetap difavoritkan untuk mengalahkan Jordania yang menyandang status tim dengan peringkat terendah yang tersisa di Piala Asia 2024.

Salah satu dari kedua tim itu akan bertemu dengan pemenang antara Qatar atau Iran yang bermain pada Rabu (7/2). Adapun laga final akan diselenggarakan pada Sabtu (10/2) di Lusail Stadium, Qatar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com