Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Soeratin U17 Akan Dipantau Tim Pelatih Timnas Indonesia

Kompas.com - 21/01/2024, 21:30 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Putaran nasional Piala Soeratin U17 2024 bakal dipantau secara langsung oleh tim pelatih timnas Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, saat menghadiri pembukaan putaran nasional Piala Soeratin U17 di Lapangan Thor Surabaya, Sabtu (21/1/2023) sore.

“Akan ada, mungkin coach Indra Sjafri akan kami minta datang pada saat semifinal supaya terseleksi. Jadi berbagai cara dilakukan PSSI untuk mendapatkan sumber pemain,” kata mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

Menurutnya, Piala Soeratin ini masuk dalam cetak biru pembinaan pemain muda yang sudah dipresentasikan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, kepada FIFA.

''Ini agenda resmi PSSI yang wajib dijalankan tiap tahunnya,'' ucap Zainudin Amali lagi.

Baca juga: Kata Jokowi Usai Timnas Indonesia Bekuk Vietnam, Sampaikan Permintaan Khusus

Ia juga mengungkapkan, setiap tahun timnas Indonesia membuka ratusan slot untuk pemain dalam rangka memenuhi sejumlah agenda turnamen di berbagai kelompok usia.

Pada tahun 2024 ini, kebutuhan timnas akan pemain muda berkualitas semakin banyak mengingat terdapat turnamen Piala AFF U19 dan Piala AFF U16.

Piala Soeratin U17 pun menjadi salah satu cara tim pelatih timnas untuk menjaring pemain potensial.

Baca juga: Uji Coba Lawan Bhayangkara FC Jadi Seleksi Timnas U20 Indonesia

“Akan tersaring sehingga selalu terisi. Kita optimis mengisi itu, salah satu cara Piala Soeratin ini,” ucap Zainudin Amali

Putaran nasional Piala Soeratin U17 2024 diikuti oleh 30 tim dari 30 provinsi terbaik yang sebelumnya lolos putaran regional.

''Ini belum dipoles mereka. Jadi benar, Piala Soeratin ini merupakan salah satu bentuk pembinaan untuk melahirkan talenta-talenta berbakat,'' kata Zainudin Amali.

Laga pertama putaran nasional Piala Soeratin U17 2023 antara DKI Jakarta vs Bangka Belitung yang berakhir dengan skor 3-1 di Lapangan C Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (20/1/2024) siang.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Laga pertama putaran nasional Piala Soeratin U17 2023 antara DKI Jakarta vs Bangka Belitung yang berakhir dengan skor 3-1 di Lapangan C Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (20/1/2024) siang.

PSSI pun tidak main-main dalam penyelenggaraan Piala Soeratin 2024. Kota Surabaya dipilih sebagai arena, setelah sebelumnya sempat dipercaya sebagai venue Piala Dunia U17 2023 lalu.

Sarana prasarana terbaik diyakini menjadi salah satu faktor penting untuk memunculkan potensi maksimal pemain muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com