Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rachmat Irianto Gagal Bela Indonesia di Piala Asia: Sedih, Cedera Datang Begitu Saja

Kompas.com - 08/01/2024, 17:30 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Rachmat Irianto, gelandang Persib, harus merelakan mimpinya tampil bersama timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar. 

Ia sejatinya masuk ke dalam daftar skuad timnas Indonesia racikan pelatih Shin Tae-yong (STY).

Namun, Rachmat Irianto tak dapat memenuhi panggilan karena cedera hamstring yang dideritanya ketika memperkuat Persib di Liga 1 2023-2024

Padahal, Irianto merupakan salah satu kekuatan penting di timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong. Ia turut berkontribusi sejak fase kualifikasi di Kuwait hingga meloloskan timnas ke putaran final Piala Asia 2023.

Penyesalan dan kesedihan Rachmat Irianto pun tak terbendung. Mimpinya tampil di ajang sepak bola tertinggi di daratan Asia pupus.

Nama Rachmat Irianto tak tertera dalam daftar skuad final timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 yang telah diumumkan STY. 

Baca juga: Alasan Rachmat Irianto Batal Gabung TC Timnas Indonesia untuk Piala Asia

“Tentu ada penyesalan, tapi sakit (cedera) ini enggak ada yang tahu, datang begitu saja,” kata pemain yang akrab disapa Rian ini. 

“Yang jelas saya sedih enggak ikut ke Qatar di Piala Asia. Tapi, enggak apa-apa yang penting teman-teman di sana berjuang untuk Indonesia,” papar Rian. 

Rian mengalami cedera hamstring dalam pertandingan pekan ke-21 Liga 1 2023-2024 antara Persib vs PSM Makassar pada 4 Desember 2023 di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). 

Cedera itu membuat Rachmat Irianto absen dalam laga lanjutan Liga 1 kontra Persik Kediri dan Bali United. Ia juga melewatkan TC timnas Indonesia di Turkiye. 

Baca juga: Setelah Rachmat Irianto, Ada Satu Pemain yang Gagal Gabung ke Timnas Indonesia

Kondisi Rachmat Irianto saat ini mulai membaik, walau ia masih harus melanjutkan fase pemulihan sesuai instruksi dari dokter tim Persib, Rafi Ghani. 

“Kondisi sudah mulai membaik. Tapi kejelasan saya untuk berlatih masih menunggu keputusan dokter. Karena akan ada pengecekan ulang untuk hamstring saya,” tutur Rachmat Irianto menerangkan. 

Adapun timnas Indonesia berada di Grup D Piala Asia 2023 bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Tim Garuda akan terlebih dahulu menghadapi Irak pada 15 Januari, disusul duel melawan Vietnam pada 19 Januari, dan Jepang pada 24 Januari 2024. 

Baca juga: Shin Tae-yong soal Jepang di Piala Asia 2023: Terbaik, Nyaris Sempurna

Irianto tahu grup ini tidak akan mudah buat timnas Indonesia. 

“Tentu berat karena akan bertemu Jepang, Irak, Vietnam. Enggak mudah mereka harus punya motivasi lebih untuk mengalahkan mereka,” tutur Rian. 

Rian hanya bisa mendoakan Indonesia bisa mengatasi segala tekanan, bermain apik, dan lolos dari fase grup.

“Jelas doa terbaik untuk mereka, semoga bisa lolos ke fase selanjutnya, karena target mereka 16 besar dulu karena kita tahu lawannya siapa saja di sana jadi yang terbaik untuk teman-teman,” ucapnya berharap.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com