Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

STY Usai Indonesia Dilibas Libya 0-4: Tak Ada Artinya, Jangan Khawatir...

Kompas.com - 03/01/2024, 15:54 WIB
Ahmad Zilky,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Juru racik timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan kekalahan telak dari Libya tak berarti apa-apa untuk skuad Garuda.

Timnas Indonesia menderita setelah dibekuk Libya dengan skor 0-4 dalam rangkaian laga uji coba menuju Piala Asia 2023.

Laga timnas Indonesia vs Libya berlangsung di Stadion Titanic Mardan, Aksu, Turkiye, pada Selasa (2/1/2024).

Libya menjebol gawang timnas Indonesia melalui aksi Ahmed Ekrawaa (25’), Omar Al Khoja (58’), Nouradin Elgelaib (89’), dan Alaa Alqijdar (90+2’).

Baca juga: Indonesia Vs Libya, Alasan STY Mainkan 10 Pemain Berbeda

Selepas pertandingan, Shin Tae-yong mengatakan, kekalahan dari Libya tidak mempunyai arti lebih untuk timnas Indonesia.

Pasalnya, menurut Shin Tae-yong, duel menghadapi Libya dilakukan hanya untuk melihat kondisi para pemain timnas Indonesia.

"Memang para pemain saat datang ke Turkiye, sampai satu hari sebelum laga kemarin, kami fokus latihan fisik," kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers virtual pada Rabu (3/1/2024).

"Jadi, memang bagi saya tidak ada arti apa-apa dari pertandingan kemarin. Saya mau mengecek kondisi para pemain tanpa melihat skor laga," ucap dia.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Libya: Debut Justin Hubner, Garuda Takluk 0-4

Kendati demikian, STY memahami para penggemar timnas Indonesia mengalami kekecewaan besar karena Marc Klok dkk tumbang 0-4 dari Libya.

Namun, pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, timnas Indonesia baru akan memfokuskan diri saat uji coba kedua melawan Libya dan ketika melawan Iran.

Shin Tae-yong mengatakan, semua laga uji coba dilakukan sejatinya sebagai persiapan menjelang duel melawan Irak pada Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia akan memulai perjuangan di Piala Asia 2023 dengan menghadapi Irak pada 15 Januari 2024.

Kemudian, timnas Indonesia bersua Vietnam pada 19 Januari 2024, sebelum ditutup dengan duel kontra Jepang pada 24 Januari 2024.

Baca juga: Indonesia Vs Libya: Peluang Adam Alis Hantam Tiang, Ada Gol Dianulir

"Para penggemar sepak bola Indonesia memang kecewa besar karena kami kalah melawan Libya dengan skor 0-4," ucap Shin Tae-yong.

"Mulai hari ini kami bakal fokus pada pertandingan tanggal 5 Januari (melawan Libya) dan tanggal 9 Januari (menghadapi Iran)," tutur STY.

"Segala sesuatunya (laga uji coba) untuk fokus pada pertandingan tanggal 15 (melawan Irak), jadi para fans tak perlu khawatir," lanjut dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com