Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AFC Selenggarakan Youth Conference, PSSI Ambil Bagian

Kompas.com - 18/11/2023, 17:30 WIB
Sehan Gerin,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program khusus yang memiliki fokus mengembangkan talenta muda di sepak bola Asia milik Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) kembali diselenggarakan untuk keempat kalinya.

AFC Youth Conference edisi yang keempat ini diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia dan sudah berakhir pada Kamis (16/11/2023) kemarin.

PSSI selaku Federasi sepak bola tertinggi di Indonesia ambil bagian pada program dari AFC ini bersama dengan 90 delegasi dari 39 Asosiasi Anggota (MA) yang menghadirkan Direktur Teknik, Head of Youth Football serta Pelatih Kepala Tim Nasional Usia Muda.

Baca juga: Ratu Tisha: Piala Dunia U-17 2023 sebagai Kesempatan Pembelajaran untuk PSSI dan Indonesia

PSSI diwakili oleh Yeyen Tumena yang merupakan Head of Coaching Education. Dia sangat berharap agar sepakbola Indonesia dapat menerapkan setiap masukan agar membangun sepakbola yang lebih baik di Indonesia.

"AFC sangat mendukung PSSI, AFC Youth Conference ini jelas membantu kami untuk memahami apa yang perlu ditingkatkan," jelas Yeyen mengenai program milik AFC ini.

"Pendidikan pelatih untuk kompetisi domestik sudah ditingkatkan, ini jelas sangat membantu kami agar pelatih lokal dapat berkembang dan menerapkan apa yang mereka pelajari," timpal wakil PSSI itu.

Deputi ASekretaris Jendral AFC, Kompetisi dan Sepak Bola, Shin Man Gil menyampaikan bahwa Youth Conference ini sangat penting untuk kembali mengevaluasi perkembangan dan kemajuan yang telah ada.

Pengembangan pemain muda memang menjadi salah satu kominmen AFC, AFC jelas ingin menghasilkan bintang masa depan dan program Youth Conference ini dinilai memiliki peranan penting.

Direktur Teknik AFC, Andy Roxburgh, menyampaikan bahwa faktor sukses dari sebuah talenta bergantung pada aspek lingkungan sepakbolanya. Dia juga berpendapat bahwa karakter dan mentalitas sangat penting untuk dibangun.

Baca juga: 4 Pilot Indonesia Gugur, PSSI Usulkan ke FIFA untuk Mengheningkan Cipta di Laga Piala Dunia U17 2023

Selain itu juga, ada pembahasan dan analisa mengenai berbagai kompetisi tingkat Asia dan Internasional yang berlalu, kemudian adan pembahasan Youth National Coaches Forum.

Pesepakbola legenda Asia yang kini menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Sepak Bola Profesional AFC, Park Ji-Sung ikut buka suara mengenai kebijaksanaan pengembangan pemain muda serta berbagi sedikit pengalamannya.

Para peserta juga diberikan informasi rinci terkait AFC Elite Youth Scheme dan AFC Elite Youth Diplomas. AFC Youth Conference akhirnya ditutup dengan sesi Benchmark Academies.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com