Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irak Vs Timnas Indonesia, Pelatih Lawan Menyadari Kesamaan Karakteristik Skuad

Kompas.com - 16/11/2023, 09:58 WIB
Muhammad Reza Triatmodjo,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang laga Irak dan Indonesia di Babak Kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, Jesus Casas, pelatih tim nasional Irak, mengemukakan bahwa skuadnya memiliki kesamaan dengan timnas Indonesia.

Casas mengidentifikasi kemiripan Irak dengan tim asuhan Shin Tae-yong tersebut, khususnya dalam hal jumlah pemain yang berbasis di Eropa.

Timnas Indonesia saat ini memiliki sejumlah pemain yang merumput di Benua Biru seperti Sandy Walsh, Elkan Baggott, Shayne Pattynama, dan Rafael Struick yang turut dipanggil untuk pertandingan ini.

Irak sendiri punya pemain-pemain berbasis di Eropa seperti Rebin Sulaka (Liga Swedia), Youssef Amyn (Bundesliga 2 Jerman), Ahmad Alle (kasta ketiga Prancis) dan Ali Al-Hamadi (kasta keempat Inggris).

"Irak dan Indonesia punya kemiripan karakteristik," kata Jesus Casas dilansir dari BolaSport.com.

Baca juga: Indonesia Vs Maroko: Garuda Fokus Teknik Dasar, Kurangi Kesalahan Sendiri

"Yang paling menonjol adalah mereka punya pemain di Eropa dan performa mereka meningkat akhir-akhir ini," tambahnya.

Jesus Casas hanya dapat berkomitmen untuk menjanjikan kerja keras dalam persiapan menjelang pertandingan ini.

"Saya tak menjanjikan apa-apa karena masalahnya tak berhenti pada saya, Kecuali kerja keras. Kami kerja keras untuk mencapai target kami besok," ujar pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Sementara itu, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tetap percaya diri meski akan bermain sebagai tim tamu.

“Ini adalah laga tandang di kandang Irak. Hampir semua suporter sepak bola di Asia memiliki antusiasme tinggi terhadap olahraga ini. Saya tahu fans timnas Irak akan mendukung penuh tim mereka,” dilansir dari laman resmi PSSI.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama pemain Egy Maulana Vikri dan Asnawi Magkualam menyapa penonton seusai FIFA Matchday melawan Turkmenistan yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023) malam.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama pemain Egy Maulana Vikri dan Asnawi Magkualam menyapa penonton seusai FIFA Matchday melawan Turkmenistan yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023) malam.

“Namun saya juga telah meminta para pemain kami untuk menikmati setiap momen pertandingan walau dukungan suporter tidak sebanyak yang diterima tuan rumah tapi kami akan mengusahakan yang terbaik untuk menciptakan peluang bagi,” sambungnya.

"Selain itu para pemain kami juga lebih siap secara mental untuk laga ini."

Timnas Indonesia telah berlatih secara resmi di Basra internasional Stadium sejak hari Rabu (15/11/2023).

Saat menguji lapangan dalam latihan resmi, tim berlatih di kondisi cuaca sejuk karena hujan rintik-rintik yang turun di Basra.

Namun, para pemain tetap fokus dan serius dalam latihan mereka. Hujan gerimis tidak menghentikan semangat Asnawi Mangkualam dan rekan-rekannya untuk berlatih.

“Kondisi rumput dan stadion cukup bagus, tadi kami berlatih fisik, taktikal. Alhamdulillah latihan hari ini baik, lancar. Kami berharap bisa bermain dengan baik besok. Kami siap,” kata Pratama Arhan.

Pertandingan awal dalam grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia dan Irak dijadwalkan berlangsung di Basra International Stadium pada hari Kamis (16/11/2023) pada pukul 21.45 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com